Fitur Seru Browser Microsoft Edge Yang Praktis dan Sangat Berguna

browser microsoft edge berbagai perangkat

Browser Microsoft Edge sudah berbeda dari sebelumnya. Apa fitur keren yang bikin Microsoft Edge layak dipakai untuk menelusuri internet sehari-hari? Yuk, kita lihat.

Untuk yang belum tahu, kini browser buatan Microsoft ini sudah berbasis Chromium, browser open-source yang juga menjadi inti browser Chrome. Karena menggunakan standar website yang sama, maka Edge bisa menampilkan berbagai situs setara dengan Chrome.

Tentu saja, Microsoft menambahkan beberapa bumbu berbeda dalam browser-nya tersebut. Jadi cukup menarik melihat berbagai fitur yang ada di browser ini. Bisa nggak menggantikan Chrome?

Fitur Unggulan Microsoft Edge

Atur Tampilan Beranda

Penampilan Microsoft Edge kini lebih modern dan enak dilihat. Secara umum, penampilan browser ini mirip dengan Chrome. Namun Microsoft menawarkan pilihan tersendiri.

Kamu bisa mengatur halaman Beranda sesuai kesukaanmu. Termasuk mengatur jenis tampilan awal, baik secara fokus, inspirasional, informasional, atau kamu susun sendiri. Selain itu, kamu juga bisa memilih bahasa yang digunakan.


Profil

Mungkin kamu menggunakan komputer bersama dengan anggota keluarga lain atau kamu memakai untuk keperluan berbeda. Nah, supaya pemakaian lebih mudah, Microsoft menyediakan fitur ‘Profil’ di Microsoft Edge. Sehingga pengguna bisa berganti dengan cepat.

‘Profil’ membuatmu bisa menyimpan informasi secara terpisah. Mulai dari password, pembayaran, riwayat, ekstensi, dll.Β  Edge menyediakan 2 jenis profil, yaitu lokal (tidak terhubung internet) dan online (terhubung internet dan akun Microsoft). Profil ini juga bisa kamu sinkronkan dengan browser Edge di smartphone.


Mencegah Pelacakan

Seiring meningkatnya kepedulian pada privasi, Microsoft menambahkan fitur ‘Tracking Prevention’ untuk mencegah pihak yang tidak berkepentingan memonitor kegiatan online-mu.

Untuk mengakses pilihan ‘Tracking Prevention’, kamu bisa membuka Setting > Provacy and Service. Kemudian kamu bisa memilih tingkat pencegahan mulai dari ‘Basic’, ‘Balanced’, sampai ‘Strict’. Kamu juga bisa melihat pelacak apa saja yang diblokir dan bisa memberi perkecualian kalau kamu percaya pada situs yang bersangkutan.


Mendukung Ekstensi

Apalah arti browser tanpa ekstensi. Sebagai browser modern Edge juga mendukung ekstensi. Bahkan Microsoft membuat bursa ekstensi sendiri. Di sana kamu bisa memilih berbagai ekstensi sesuai kebutuhanmu.

Tidak menemukan ekstensi yang kamu cari? Tenang, karena berbasis Chromium, kamu juga bisa memakai ekstensi dari Google Chrome. Jadi kamu tinggal membuka bursa ekstensi Chrome, mencari, dan memasangnya. Prosesnya mudah dan nggak repot.

Kalau kamu masuk dengan akun Google di Edge, browser ini bisa mengekspor ekstensi yang sebelumnya kamu pasang di Chrome.


Koleksi

Koleksi merupakan fitur khas Microsoft Edge. Dengan fitur ini, kamu bisa mengumpulkan berbagai hal dari internet yang menarik perhatianmu. Baik gambar, teks, video, dll. Semacam bookmark tapi lebih canggih.

Kamu bisa mengelompokkan koleksi ini sesuai kategori yang kamu biat sendiri. Untuk memasukkan sesuatu ke dalam koleksi, klik tombol ‘Koleksi’ di menu, lalu kamu bisa menggeser dan meletakkannya di bidang yang ada, atau dengan klik kanan dan tambahkan ke ‘Koleksi’.


Buat Situs Sebagai Aplikasi

Browser Microsoft Edge juga mendukung Prograssive Web Apps (PWA). PWA merupakan teknologi yang bisa memperlakukan situs atau aplikasi online seperti aplikasi biasa di komputer (misal punya shortcut sendiri). Fitur ini cukup menarik dipakai untuk beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Google Duo, dll.

Untuk membuat sebuah situs menjadi aplikasi, kamu tinggal klik ikon menu > Apps > Install This Site as an App. Microsoft Edge akan membuat shortcut situs tersebut di komputermu. Untuk mengaksesnya, kamu tinggal klik dan situs itu akan muncul sebagai aplikasi (tidak ada kotak alamat di atas).


Tampilan Membaca Imersif

Kalau kamu ingin membaca sebuah situs tanpa gangguan elemen navigasi dan lain-lain, Microsoft Edge juga punya ‘Tampilan Membaca Imersif’. Tampilan ini akan menyajikan situs seperti buku. Hanya teks dan gambar ilustrasi.

Kamu bisa mengaksesnya dengan klik ikon yang muncul di kotak alamat. Kemudian, kamu bisa mengatur ukuran teks, jarak antar baris, dan memilih tema tampilan. Membaca pun jadi lebih nyaman.


Dukungan PDF Interaktif

Salah satu fitur menarik lain adalah dukungan berkas PDF yang bisa kamu tandai. Fitur ini berguna kalau kamu mengerjakan tugas, membaca makalah, dll.

Kamu bisa memberi tanda dengan highlight dan memilih warna berbeda sesuai kebutuhanmu. Selain itu kamu juga bisa menandainya dengan coretan. Di samping itu ada pengaturan tampilan seperti memutar, melihat dengan lebar maksimal, dan zoom.


Pindah Tab ke Monitor Lain dengan Mudah

Fitur Microsoft Edge satu ini sangat praktis untuk kamu yang memakai monitor ganda tau lebih. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu memindah secara manual alias menggeser jendela aplikasi.

Yang kamu lakukan tinggal klik kanan pada tab yang bersangkutan, lalu pilih ‘Move Tab to Another Window‘. Kalau kamu sudah membuka jendela lain, kamu bisa memilihnya, atau kalau belum, bisa buat jendela baru.


Seiring perkembangan teknologi, akan ada fitur lain yang asik di Microsoft Edge. Mungkin salah satunya adalah integrasi transfer file dengan smartphone Android. Sebelum ini, kode pemrograman untuk fitur transfer file dengan Android itu sudah muncul di Chromium. Karena Microsoft Edge sekarang berbasis Chromium, kita bisa berharap kalau fitur itu juga hadir di browser ini.

Nah, browser apa yang kamu pakai sekarang? Sudah coba Edge yang baru?

%d blogger menyukai ini: