Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Fitur Paling Asik WWDC22: Copas Gambar ala Photoshop di iOS 16

copy share ios 16
Anom Penulis

Apple mengumumkan banyak hal di WWDC22. Termasuk iOS 16, iPadOS 16, watchOS 9, juga chipset M2 beserta MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, dan macOS Ventura. Tapi, bagi saya, di antara semua itu, ada satu fitur yang paling menarik. Fitur itu adalah copas gambar ala Photoshop di iOS 16.

Bicara soal edit foto, khususnya seleksi gambar, pada jaman dulu kita membutuhkan aplikasi dan skill Photoshop. Kemudian teknologi berkembang dan kita hanya membutuhkan aplikasi menghapus latar belakang untuk melakukannya.

Tapi kini Apple membuatnya lebih mudah lagi. iOS 16 memiliki fitur yang memungkinkan kamu menyeleksi gambar tertentu di foto dan langsung mengirim (copas) obyek itu tanpa gambar latar belakang. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan lama obyek itu dan memindahnya ke aplikasi lain untuk mengirimnya.

Seperti kata Robbie Walker (Senior Director, Apple Siri and Language Technologies), “It feels like magic.”

copy share ios 16 wwdc22

Ia kemudian menjelaskan kalau fitur ini hadir berdasar teknologi machine learning dan Neural Engine terbaru dari Apple.

Tentu, seleksi dan proses edit semacam ini — seperti sudah disebut di atas — sebelumnya sudah hadir. Google pun sudah memiliki fitur Magic Eraser untuk ponsel Pixel yang memungkinkanmu menyeleksi obyek dan memanipulasinya (menghapus atau mewarnai).

Kalau pendekatan Google lebih ke artistik, maka langkah Apple lebih menekankan pada integrasi antar aplikasi dari aplikasi Photos. Misalnya, bisa jadi nanti kita mampu bikin sticker lebih mudah.

Fitur ini juga nampaknya menjadi basis dari fitur setelan lockscreen iOS 16 yang baru. Kita bisa menumpuk obyek foto di atas widget jam di lockscreen. Prinsipnya sama.

Mungkin fitur Continuity Camera yang memungkinkan iPhone jadi webcam secara otomatis juga keren. Tapi copas ala Photoshop ini bagi saya tetap yang paling asik.

Kamu bisa melihat penjelasan Robbie Walker soal fitur ini di keynoye WWDC22 pada waktu 18:16.

    %d blogger menyukai ini: