Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Twitter Uji Coba Fitur CoTweet untuk 2 Akun Bisa Bikin Tweet Baru

Indri Penulis

Twitter mulai uji coba fitur CoTweet. Fitur ini akan memungkinkan pengguna Twitter bisa update tweet lewat dua akun secara bersamaan, dan keduanya akan ditandai salah satu tweet.

Inovasi ini baru ini sebenarnya sudah mulai dikerjakan Twitter sejak awal tahun 2022. Namun baru Juli 2022 ini, Twitter mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sudah tersedia untuk beberapa pengguna ‘selama waktu terbatas.’

popculture.id

“Kami terus mengeksplorasi cara baru agar orang-orang bisa berkolaborasi di Twitter,” kata juru biaca Twitter, Joseph J. Nunez dalam sebuah pernyataan kepada The Verge. “Kami menguji CoTweet dalam waktu terbatas untuk mempelajari bagaimana orang dan brand bisa memakai fitur ini untuk mengembangkan dan menjagkau pemirsa baru, sekaligus memperkuat kolaborasi mereka dengan akun lainnya.

Lewat cuitan yang ada di akun Twitter Create, Twitter mengonfirmasi kalau CoTweet saat ini baru bisa dicoba untuk sebagian pengguna di AS, Kanada dan Korea.

Sementara itu, Twitter juga turut menjelaskan apa itu CoTweet lengkap dengan cara kerjanya dalam serangkaian FAQ yang ada di bawah ini:

Apa Itu CoTweet?

CoTweet adalah tweet yang ditulis bersama dan diposting secara bersamaan ke profil penulis serta timeline pengikut mereka. Nantinya kamu akan bisa mengenali CoTweet saat ada gambar profil dua penulis dan nama pengguna di header-nya. Fitur ini akan membantu pengguna berbagi sorotan, membuka peluang untuk melibatkan pemirsa baru, sampai menjadi cara untuk meningkatkan kemitraan.

Bagaimana Cara Kerja CoTweet?

Saat dua pengguna memutuskan untuk membuat CoTweet, langkah pertama yang perlu mereka lakukan adalah membuat konten yang mau dibagikan. Pengguna bisa memanfaatkan fitur DM untuk mendiskusikan konten yang akan mereka bagikan.

Setelah tweet sudah siap, salah satu pengguna lalu membuat CoTweet dan membuka undangan ke rekannya tadi. Saat rekannya tadi menerima undangan CoTweet, CoTweet akan segera memposting tweet tadi ke profil dan timeline masing-masing.

Siapa yang Bisa Diundang Kolaborasi CoTweet?

Kamu bisa mengirim undangan CoTweet untuk pengguna yang mengikutimu, atau mereka yang memiliki akun publik. Kalau akunnya di-private, dia nggak akan bisa mendapat undangan kolaborasi dari pengguna lain.

CoTweet Bisa Dipakai Kolaborasi Bareng Banyak Orang?

Untuk sementara itu, CoTweet hanya memungkinkan dua pengguna untuk berkolaborasi. Itu artinya, kamu hanya bisa mengundang satu penulis bersama per CoTweet.

Bagaimana Cara Membuat CoTweet?

Untuk membuat CoTweet, buka tombol untuk membuat tweet. Setelah itu cuitan yang mau dibikin bareng dengan pengguna lain, lalu ketuk ikon CoTweet. Selanjutnya pilih anggota yang mau kamu ajak kolaborasi lewat CoTweet dan klik “Send invite” atau “Kirim undangan.”

Bisakah Undangan CoTweet Diblokir?

Saat ini Twitter belum menyediakan fitur blokir khusus CoTweet. Jadi kalau kamu merasa terganggu dengan ajakan kolaborasi dari orang lain, kamu bisa memblokir akunnya supaya mereka nggak bisa berinteraksi denganmu termasuk bikin CoTweet baru.

Di sisi lain, saat proses uji coba sudah mulai dilakukan ke sebagian pengguna Twitter. Ada beberapa pengguna yang memberikan tanggapan mereka soal fitur ini. Ada yang bilang walaupun tweet akan ditampilkan di profil dan timeline kedua pengguna, tapi sepertinya balasan hanya bisa diberikan pada CoTweet milik si penulis asli.

    %d blogger menyukai ini: