Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Fitur Mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro Bisa Hadir di HP Xiaomi

Indri Penulis

Xiaomi rumornya tengah mengembangkan fitur seperti Dynamic Island milik iPhone 14 Pro. Fitur tersebut akan segera hadir di ponsel baru Xiaomi.

Sejak perilisan iPhone 14 Series, fitur Dynamic Island tak pernah berhenti menjadi bahan perbincangan. Fitur ini hanya ada di seri ponsel iPhone 14 Pro. Dynamic Island adalah fitur berbentuk bidang hitam yang hadir di sekeliling lubang kamera depan.

popculture.id

Bentuknya sendiri bisa memanjang, atau berbentuk sesuai fungsi berdasarkan aplikasi. Misalnya menampilkan informasi pengisian daya AirPods atau iPhone.

Nah kabar baiknya, sebentar lagi fitur mirip Dynamic Island mungkin juga akan hadir di ponsel Xiaomi. Kabar ini berasal dari Vaibhav Jain dari TechDroider, yang baru-baru ini membagikan temuannya di Twitter.

Seperti yang kamu lihat dalam video di atas, terlihat ponsel Xiaomi yang menampilkan area bergaya Dynamic Island di bagian atas layar. Kabarnya, fitur tersebut berasal dari ‘Grumpy UI’ dan saat ini hanya tersedia dalam bahasa China.

Grumpy UI punya fitur dangan desain mirip Dynamic Island. Fitur tersebut menampilkan interface seperti bidang hitam di samping lubang kamera depan, yang bentuknya bisa menyesuaikan fungsi aplikasinya. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan sebagai alat multitasking.

Fitur Grumpy UI ini memungkinkan pengguna beralih antar aplikasi, tanpa perlu keluar dari jendela yang terbuka. Contohnya seperti yang ada di video pendek di atas, di mana pengguna bisa memutar lagu tanpa perlu meninggalkan layar beranda.

Sedangkan kalau dari segi cara kerjanya, fitur ini mirip dengan bidang notification / pemberitahuan di ponsel Android. Cuma yang membedakan mungkin mekanisme tampilannya saja.

Sementara itu, Jain menambahkan bahwa fitur tersebut dirancang oleh pengembang tema MIUI. Tapi sepertinya sampai sekarang Xiaomi belum resmi menyetujuinya.

Karena Grumpy UI sifatnya masih dalam tahap pengembangan, dan Xiaomi pun juga belum mengonfirmasi keberadaan fitur tersebut, jadi belum diketahui kapan Mi Fans bisa menikmati fitur ala Dynamic Island di ponsel mereka.

    %d blogger menyukai ini: