Aplikasi OneDrive untuk Android dan Web Dapat Fitur Edit Foto

Kabar baik untuk kamu pengguna penyimpanan cloud OneDrive. Aplikasi OneDrive untuk Android dan web mendapatkan fitur edit foto. Memang sudah saatnya OneDrive mendapatkan fitur seperti pesaingnya, layanan Photos baik dari Google maupun Apple.

Microsoft mengumumkan kehadiran fitur ini melalui blog komunitasnya. Kamu sekarang bisa melakukan memotong, memutar, dan menyesuaikan pencahayaan foto di aplikasi OneDrive. Selain itu, aplikasi OneDrive untuk Android juga mendapatkan cara untuk mengatur dan melihat foto secara lebih baik.

Edit Foto di OneDrive

Fitur edit foto yang ada di OneDrive ini boleh kita katakan sangat standar. Bahkan sudah bisa kita temui di hampir semua aplikasi edit foto.

Misalnya fitur crop yang bisa kamu lakukan secara bebas atau dengan rasio tertentu (ada pilihannya) dan mengatur pencahayaan seperti lewat highlight, shadow, saturation, warmth, dll.

edit foto di aplikasi onedrive android

Fitur ini baru bisa mengolah gambar JPEG dan PNG, lalu baru akan tersedia untuk aplikasi OneDrive di Android (minimal Android 6) dan di situs web. Aplikasi OneDrive untuk iOS akan mendapatkannya menyusul nanti.

Cast, Atur, dan Saring Foto

Selain fitur di atas, aplikasi OneDrive Android sekarang juga mendukung beberapa cara melihat koleksi foto. Kamu bisa mengatur tampilannya berdasar tanggal (termasuk melihat berdasar bulan dan tahun) atau berdasar sumber (screenshot, media sosial, WhatsApp, dll).

Di samping itu, kini kamu juga bisa memilih melihat gambar dari folder kamera saja atau melihat semua koleksi yang ada. Kemudian kamu juga bisa melihat koleksi foto dan video di layar monitor yang lebih besar dengan fungsi casting.

OneDrive Sebagai Galeri

OneDrive mungkin lebih terkenal sebagai penyimpanan cloud secara umum. Sedangkan Google punya aplikasi Photos di samping Drive dan Apple juga punya Photos di samping iCloud, walau kedua aplikasi galeri itu juga menggunakan kapasitas penyimpanan cloud.

Dengan perilaku seperti itu mungkin kita bisa memahami kenapa Google dan Apple lebih dulu menyediakan fitur seperti ini. Toh dari sisi penyimpanan, OneDrive cukup bersaing bisa dibandingkan dengan Google Drive. Terutama kalau kita bandingkan paket gratis dan harga OneDrive, Google Drive, dan iCloud.

Anyway, paling tidak sekarang kamu yang memakai OneDrive bisa melakukan edit foto langsung jika membutuhkan.

%d blogger menyukai ini: