Perbandingan Layanan Cloud Storage

perbandingan layanan cloud storage

Kali ini kami akan melakukan perbandingan layanan cloud storage setelah sebelumnya sudah membahas lebih dalam soal cloud storage beserta kelebihan dan kekurangannya.

Yang akan kami bandingkan di sini meliputi: Penawaran kapasitas penyimpanan, batas ukuran file, dan platform yang didukungnya. Kami akan menyorot lima nama layanan cloud storage populer, yaitu: Dropbox, OneDrive, Google Drive, iCloud, dan Box.

Harap diperhatikan, untuk kapasitas berbayar, yang saya tulis adalah paket personal, atau kalau pihak layanan tidak memberi spesifikasi soal itu. Biaya untuk pilihan berbayar yang saya tulis adalah untuk tiap bulan.

  Dropbox OneDrive Google Drive iCloud box
Kapasitas
Gratis
2 GB 5 GB 15 GB 5 GB 10 GB
Kapasitas
Berbayar
1 TB: $10 50 GB: Rp31.000 100 GB: $2,
1 TB: $10
50 GB: Rp15.000,
200 GB: Rp45.000,
1 TB: Rp149.000
100 GB: $11.5
Ukuran
max
file
10 GB via website,
Tanpa batas via aplikasi
10 GB 5 TB 15 GB 250 MB (gratis),
1 GB (berbayar)
Platform Windows (PC dan Mobile), Mac, Linux, iOS, Android, Blackberry, Kindle Fire Windows (PC dan Mobile), Mac, iOS, Android Windows (PC), Mac, Android, iOS iOS, Mac, Windows (PC) Windows (PC dan Mobile), Mac, iOS, Android, Blackberry

Kalau membandingkan dari kapasitas gratis yang diberikan, Google Drive memberikan penawaran yang menggiurkan (begitu pun dengan ukuran maksimal file yang bisa ditransfer). Sedangkan kalau melihat dukungan platform, Dropbox jelas bisa digunakan secara lebih leluasa. Terutama untuk berkolaborasi dengan teman.

Tentu saja, OneDrive, Google Drive, dan iCloud, memiliki keuntungan tersendiri karena terintegrasi dengan platform. OneDrive dengan ekosistem Windows, Google Drive dengan Android (dan Chromebook), lalu iCloud dengan iOS dan MacOs. Di sisi akses, OneDrive lebih leluasa karena memiliki lebih banyak dukungan platform.


Baca juga: 9 Hal Tentang Menyimpan File di LINE Keep


Apakah jumlah kapasitas dan dukungan platform semata bisa jadi dasar pilihan layanan cloud? Bisa saja. Namun perlu diingat juga bagaimana kita dan teman-teman (kalau berkolaborasi) menggunakan internet. Belum tentu kita membutuhkan kapasitas besar, dan belum tentu kita butuh semua ketersediaan platform.

Itulah perbandingan layanan cloud storage dari kami. Silakan dipertimbangkan. Mau memakai semua juga boleh.

Coba Dropbox

Coba OneDrive

Coba Google Drive

Coba iCloud

Coba Box