Fitur Family Sharing App Store Bisa Bagi Langganan Aplikasi ke Keluarga

Apple telah menambahkan fitur baru ke App Store bernama Family Sharing. Fitur ini bisa dipakai untuk membagikan langganan aplikasi ke keluarga.

Mungkin bagi kebanyakan orang, memakai aplikasi gratisan di App Store untuk menunjang aktivitas di ponsel sudah cukup. Tapi untuk sebagian lainnya, mereka lebih suka langganan aplikasi pro untuk mendapat fitur lebih.

Sayangnya selama ini yang dapat menikmati langganan aplikasi Pro hanya si pembeli itu sendiri. Mereka tidak bisa membagikan langganan aplikasi Pro ke orang lain.

Tapi hal tersebut telah berubah. Karena sekarang, Apple telah mengizinkan pengguna App Store untuk membagikan langganan aplikasi ke keluarga.

Cara Kerja Fitur Family Sharing App Store

Untuk dapat berbagai langganan aplikasi secara gratis ke keluarga, pengguna App Store bisa memakai fitur Family Sharing. Hal ini disampaikan oleh salah satu pengembang aplikasi iOS dan Mac, Steve Harris (via The Verge).

Namun sebelum itu, pengembang aplikasi perlu menekan tombol Family Sharing (lihat Twitter) menjadi β€˜Turn On’ terlebih dulu. Dengan begitu, aplikasi buatannya bisa ikut program Family Sharing.

Sebaliknya jika tombol di atas tidak dihidupkan, pelanggan aplikasi tidak akan bisa berbagi langganan ke keluarga. Maka dari itu, tidak semua langganan aplikasi di App Store bisa dibagikan ke orang lain.

Selain itu, pengguna hanya bisa berbagi langganan aplikasi App Store saja. Pembagian langganan tidak berlaku pada pembelian dalam game.

Contoh, kalian membeli koin atau item dalam game di App Store. Semua itu hanya bisa kalian nikmati sendiri dan tidak bisa dibagi ke keluarga.

Berbeda jika kalian berlangganan aplikasi Pro (yang bebas iklan). Aplikasi tersebut bisa memenuhi syarat untuk program Family Sharing yang baru.

Dikutip dari The Verge, sementara ini mereka baru menemukan sedikit aplikasi yang mendukung Family Sharing. Aplikasi tersebut adalah FoodNoms dan Ulysses.

Selain itu, fitur ini berjalan agak lambat. Artinya saat langganan telah dibagikan ke keluarga, anggota keluarga tidak bisa langsung mengakses langganan aplikasi. Mereka masih harus menunggu beberapa saat.

Jika kalian membeli langganan aplikasi, kalian bisa memeriksa siapa saja anggota keluarga yang bisa mendapat akses Family Sharing. Caranya seperti di bawah ini.

Sumber Gambar : The Verge
  • Buka β€˜Settings’ di App Store.
  • Ketik nama kalian.
  • Ketuk β€˜Subscriptions.’
  • Di bagian atas layar, ada tombol berlabel β€˜Share New Subscriptions.’
  • Tekan toogle β€˜Share New Subscriptions’ agar aktif.

Jika sudah aktif, itu artinya kalian telah mengaktifkan fitur Family Sharing ke anggota keluarga. Setelah itu, lihatlah ke bagian bawah. Di sana kalian dapat melihat daftar langganan aplikasi saat ini.

Apabila kalian mengetuk salah satu aplikasi, kalian akan dibawa ke halaman β€˜Edit Subscriptions.’ Di sana kalian dapat melihat tombol β€˜Share with Family’ (jika pengembang sudah mengizinkannya).

Sumber Gambar : The Verge

Kalian bisa mengaktifkan tombol tersebut. Setelah itu, anggota keluarga akan mendapat akses langganan aplikasi yang sama dengan kalian.

Oya, jika aplikasi kalian belum mendukung Family Sharing, tenang dulu. Kalian bisa memeriksa layar Subscriptions secara berkala. Siapa tahu, aplikasi tersebut telah mendukung Family Sharing.

Sebab dikutip dari MacRumors, pengguna akan mendapat pemberitahuan jika aplikasi miliknya mendukung Family Sharing.

%d blogger menyukai ini: