WADUH! Harga Aplikasi App Store di Beberapa Negara Bakal Naik

Ada kabar terbaru untuk pengguna App Store. Pasalnya dalam beberapa hari ke depan, harga di App Store di beberapa negara bakal naik.

Dalam beberapa waktu terakhir, pajak atau nilai tukar mata uang asing sering tidak stabil. Oleh karena itu, Apple akhirnya membuat kebijakan baru.

Produsen iPhone ini berencana untuk menaikkan harga aplikasi, dan pembelian dalam aplikasi. Kenaikan harga di App Store ini akan terjadi di beberapa negara.

App Store Bakal Naik Harga
Sumber Gambar : 9to5Mac

Harga di App Store Bakal Naik

Kenaikan harga ini tidak termasuk ‘langganan yang bisa diperpanjang secara otomatis.’ Sementara itu, kenaikan harga ini akan berlaku di App Store Brasil, Indonesia, Kolombia, India, Rusia dan Afrika Selatan.

Peningkatan harga ini akan menghadirkan perubahan pajak seperti ini:

  • India: Pungutan pemerataan baru sebesar 2% (di samping pajak barang dan jasa yang ada sebesar 18%).
  • Indonesia: Pajak pertambahan nilai (PPN) baru sebesar 10% untuk pengembang yang berbasis di luar Indonesia.

Harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (tidak termasuk langganan yang bisa diperpanjang otomatis) juga disesuaikan di Albania dan Islandia. Kebijakan ini dilakukan agar sesuai dengan harga yang dipakai di pasar lain yang menggunakan dolar AS dan pajak pertambahan nilai (PPN).

Oya setelah perubahan ini berlaku, bagian ‘Harga’ dan ‘Ketersediaan dari Aplikasi Saya’ akan diperbarui. Sedangkan harga di App Store akan disesuaikan dan dihitung, berdasarkan harga sebelum kena pajak.

Khusus untuk penyedia aplikasi, kalian bisa mengubah harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi kapan saja di App Store Connect. Kalau menawarkan sistem langganan, kalian bisa memilih untuk mempertahankan harga untuk pelanggan yang sudah ada.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: