Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Fitur Baru iMac 2021 yang Membuatnya Lebih Fresh, Seru dan Unik

Indri Penulis

Apple resmi kenalkan iMac edisi tahun 2021 dengan berbagai fitur baru, salah satunya pakai chip M1. Lalu bagaimana fitur baru lainnya? Kepoin di sini yuk!

Lewat acara “Spring Loaded” beberapa waktu lalu, Apple resmi kenalkan 7 produk baru. Salah satu produk baru yang sangat menyita perhatian penggemar adalah iMac 2021.

Kenapa? Sebab iMac 2021 menghadirkan beragam fitur baru. Mulai dari desain, pemakaian chip, sampai fitur baru lainnya yang belum pernah dipakai iMac generasi sebelumnya.

Apa Saja Fitur Baru iMac 2021?

Desain Unik dan Lebih Tipis

Hal pertama yang paling mencolok dari iMac 2021 adalah desainnya. Sebab desainnya sangat unik dan belum pernah diadopsi oleh generasi pendahulunya.

Sumber Gambar : Apple

iMac anyar menghadirkan desain super tipis, ringkas, mirip tablet. Desain ini didapatkan berkat pemakaian chip M1 yang punya ukuran lebih kecil dan tipis. Logic board dan termal juga dikonsolidasi dan ukurannya lebih diperkecil. Hasilnya, profil samping iMac hilang seketika.

Oya, desainnya yang lebih ringkas mampu mengurangi volume iMac hingga 50%. Membuatnya lebih hemat ruang dan mudah dipasang di mana pun.

Pilihan Warnanya Benar-Benar “Fresh”

iMac 2021 juga menghadirkan varian warna yang cantik (bahkan saya pun bingung kalau disuruh memilih). iMac ini tersedia dalam warna hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan silver.

Sumber Gambar : Apple

Pilihan warna yang dipakai iMac 2021 terlihat lebih lembut, dengan garis tepi yang lebih tipis di bagian depan. Sedangkan bagian belakang muncul dengan warna yang lebih tebal dan jenuh.

Untuk melengkapi desainnya yang lebih sederhana, iMac hadir dengan konektor daya baru yang dipasang secara magnetis dan kabel tenunan indah sepanjang 2 meter dengan warna senada.

Layar Retina 4,5K yang Cantik

iMac 2021 datang dengan ukuran 24 inci, layar Retina 4,5K dengan narrower border dan 11,3 juta piksel. Layar ini juga dibekali gamut warna lebar P3 dan lebih dari satu miliar warna, plus kecerahan 500 nits.

Sumber Gambar : Apple

Oya, layar anyar ini juga dibekali teknologi True Tone. Membuatnya dapat otomatis menyesuaikan suhu warna ketika lingkungan berubah. Terakhir, layar ini punya lapisan anti-reflektif untuk membuat tampilan tetap jelas meski terkena sinar matahari.

Baca Juga:  iPadOS 16 Sajikan Fitur Produktivitas dan Kolaborasi Baru yang Handal

Kinerja Chip M1 Terbaru dari Apple

Masuk ke dapur pacu. iMac 2021 memakai chip M1 terbaru bikinan Apple. M1 ditenagai CPU 8-core yang bisa menampilkan core CPU tercepat dalam silikon biaya rendah. Ada pula GPU 8-core yang punya grafis terintegrasi tercepat di komputer pribadi. Kalau dikombinasikan, iMac baru punya kinerja lebih  bertenaga dibanding model standar iMac 21,5 inci.

Sumber Gambar : Apple

Dengan pakai chip M1, iMac 2021 bisa langsung bangun saat dihidupkan. Aplikasi yang dibuka juga bisa diluncurkan dalam waktu secepat kilat. Di Safari kamu bisa browsing lebih cepat dan membuka ratusan tab sekaligus.

Di aplikasi Photos kamu bisa mengedit gambar dengan cepat. Di Apple Arcade kamu bisa menikmati game eksklusif dengan lancar di layar iMac yang besar. Kamu juga bisa menjalankan berbagai aplikasi iPhone dan iPad langsung di iMac tanpa merusak alur kerja.

Kamera, Mikrofon dan Speaker Baru

iMac 2021 dibekali kamera HD FaceTime 1080p terbaik di Mac. Kamera ini bisa menghadirkan video berkualitas tinggi, kinerja hebat meski dalam cahaya redup, dan pengurangan noise yang lebih baik.

Sumber Gambar : Apple

Untuk melengkapi kamera, iMac 2021 juga dilengkapi tiga mikrofon berkualitas studio baru. Mikrofon diposisikan untuk mengurangi umpan balik sistem, dan beamforming dibuat untuk mengurangi suara latar belakang. Hasilnya, suara akan terasa lebih alami dan jernih.

Terakhir, iMac 2021 punya 6 speaker yang mampu menyajikan suara besar dan kuat, dapat mengartikulasikan bass dan mid dengan jernih, serta mendukung Dolby Atmos untuk suara yang lebih menggelegar.

Touch ID dengan Warna Senada

Untuk pertama kalinya, Touch ID hadir di iMac dan diimplementasikan secara nirkabel di Magic Keyboard. Lewat fitur ini, membuka kunci Mac atau melakukan pembelian dengan Apple Pay bisa kamu nikmati dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Sumber Gambar : Apple

Kamu juga dapat memilih Magic Keyboard dengan Touch ID dan Numeric Keypad, serta Magic Mouse yang cocok dengan warna dan Magic Trackpad terbaik di industri.

Baca Juga:  Jangan Kecil Hati, Ini Game Terbaik untuk Dimainkan di Mac

Fitur Konektivitas Terbaru

Sumber Gambar : Apple

iMac 2021 dibekali dua port Thunderbolt untuk transfer data super cepat, dan bisa mendukung layar 6K seperti Apple Pro Display XDR. Ada pula WiFi 6 untuk kinerja nirkabel lebih cepat, dua port USB-C, dan port Ethernet 1Gbps di adaptor daya.

Harga dan Ketersediaan

iMac 2021 24inci tersedia mulai Jumat, 30 April di apple.com dan aplikasi Apple Store. iMac 2021 akan mulai tersedia di lokasi Apple Store tertentu dan Apple Authorized Resellers pada pertengahan Mei 2021.

iMac dengan GPU 7-core dibanderol mulai $1.299 (di AS). Di paket ini, kamu akan mendapatkan CPU 8-core, memori 8GB, SSD 256GB, dua port Thunderbolt, Magic Keyboard, dan Magic Mouse.

iMac dengan GPU 8-core dibanderol $1.499 (di AS). Kamu akan memperoleh CPU 8-core, memori 8GB, SSD 256GB, dua port Thunderbolt, dua port USB 3 tambahan, Magic Keyboard dengan Touch ID, Magic Mouse, dan port Ethernet.