7 Produk Baru di Apple Special Event “Spring Loaded” April 2021

apple special event spring loaded

Apple Special Event pada tanggal 20 April 2021 (waktu Amerika) sudah berlangsung. Di acara “Spring Loaded” ini Apple mengumumkan 7 produk baru, termasuk: Warna iPhone 12 baru, Apple TV 4K, AirTag, iMac dan iPad Pro baru.

Acara spesial dari Apple ini menjadi sebuah ajang pengumuman produk yang seru. ya, karena Apple memperbarui beberapa produk andalannya. Menariknya, yang menjadi bintang di acara ini—paling tidak menurut saya—adalah chipset Apple Silicon M1.

Transisi pemakaian prosesor dari Intel ke M1 tidak hanya memberi revolusi pada komputer saja (dalam hal ini iMac), tapi juga mencapai produk bergerak, yaitu tablet (dalam hal ini iPad Pro).

Tapi marilah kita lihat dulu secara umum, produk baru apa saja yang Apple umumkan di acara “Spring Loaded” pada bulan April 2021 ini.

1. Apple Card Family

Apple memperkenalkan kartu kredit baru sebagai sarana untuk berbagi cara pembayaran. Melalui Apple Card Family, pengguna bisa berbagi penggunaan Apple Card, melacak transaksi, mengatur pembelian, dan menata pembayaran kredit bersama melalui Family Sharing.

2. Apple Podcast Berlangganan

Apple juga mengumumkan produk layanan baru, yaitu Podcast berlangganan. Dengan sistem ini, pengguna bisa mendengarkan podcast favorit mereka yang bebas iklan, dikurasi oleh para kreator, mendapat konten tambahan, dan juga akses eksklusif ke konten baru.

Aplikasi Apple Podcast juga mendapat tampilan baru dengan pencarian yang lebih canggih dan akses cepat ke berbagai kategori dan Top Chart. Lalu ada pula situs baru Apple Podcast for Creators yang membantu kreator belajar mengenai podcast sehingga bisa membuat konten lebih bagus.

3. Varian Warna Ungu iPhone 12 dan 12 Mini

Ya, iPhone 12 dan versi Mini kini mendapat varian warna baru, yaitu ungu. Varian ini akan bergabung dengan berbagai warna yang sudah ada di iPhone 12 sebelumnya. Spesifikasinya masih sama, dan pre-order di Amerika akan mulai pada tanggal 23 April 2021.

iphone 12 ungu

4. AirTag

Seperti yang sudah bocor sebelumnya, Apple mengumumkan produk baru bernama AirTag. AirTag merupakan perangkat yang berguna untuk membantumu melacak berbagai barang. Sebagai contoh, AirTag bisa dipasang sebagai gantungan kunci agar kamu bisa dengan mudah mencari kunci itu bila hilang. Kamu memakai AirTag ini melalui aplikasi Find My di iPhone.

5. Apple TV 4K

Di acara “Spring Loaded” ini juga diperkenalkan Apple TV 4K. Kini Apple TV bisa menampilkan tayangan dengan kualitas gambar berkualitas high frame rate HDR dengan Dolby Vision. Perangkat hiburan ini kini juga menggunakan chipset A12 Bionic, sehingga performa baik dari sisi grafis, video decoding dan pemrosesan audio juga lebih baik.

Bersama Apple TV 4K, Apple juga memperbarui Siri Remote. Kini kontrol jarak jauh ini memiliki tombol power dan mute untuk TV dan tombol yang lebih baik untuk mengontrol berbagai fungsi yang ada. Termasuk gestur swipe di lingkaran kontrol untuk menggeser durasi tayangan.

6. iMac Baru

Salah satu “kejutan” besar di acara ini adalah kehadiran iMac baru. Apple meluncurkan iMac baru ini dengan chipset Apple Silicon M1 dan penampilan yang benar-benar baru.

imac baru dengan chipset m1 di acara apple spring loaded

Dengan prosesor yang lebih tipis (Apple sedikit menyindir Intel di sini), iMac kini bisa hadir lebih tipis bagai tablet. Lalu, kini iMac memiliki besar layar 24 inci dengan kualitas 4,5K Retina Display. Selain itu, iMac baru juga menggunakan kamera HD 1080p FaceTime, mikrofon baru, dan sistem 6 speaker. Sebagai pelengkapnya, ada tiga jenis pilihan magic keyboard, yang salah satunya memiliki tombol Touch ID.

7. iPad Pro Baru

Terakhir, Apple juga memperkenalkan iPad Pro baru. Kejutannya, iPad Pro kini juga menggunakan chipset Apple Silicon M1, sama seperti komputer Mac. Artinya, kemampuannya kini lebih dahsyat dari sebelumnya.

Ada dua pilihan iPad Pro baru, yaitu versi 11 inci dan versi 12,9 inci. Namun yang menjadi bintang adalah versi 12,9 inci.

iPad Pro baru dari acara Apple Spring Loaded

iPad Pro 12,9 inci kini tidak hanya memiliki chipset baru, namun layarnya pun baru, yaitu Liquid Retina XDR Display. Layar ini menggunakan 10.000 mini LED untuk mengantarkan gambar berkualitas HDR dan Dolby Vision, termasuk fitur lain seperti ProMotion, TrueTone, dan warna standar P3.

Lalu, iPad Pro ini juga memiliki kamera depan 12MP ultra-wide yang memungkinkan hadirnya fitur Center Stage. Fitur ini mampu menyesuaikan posisi fokus gambar tergantung di mana obyek berada.


Itulah 7 produk baru Apple dari acara “Spring Loaded” pada bulan April 2021. Produk mana yang kira-kira paling seru? iMac baru atau iPad Pro baru? Kalau kamu ingin lihat lebih jauh, silakan kunjungi situs resmi Apple.

%d blogger menyukai ini: