Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Instagram Notes Mungkinkan Pengguna Share Catatan Via Teks dan Emoji ke Teman Dekat

fitur instagram notes
Sumber: Meta Blog
Indri Penulis

Fitur Instagram Notes resmi hadir dan bisa dinikmati pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna share catatan lewat teks dan emoji ke teman dekat.

Instagram akhir-akhir bisa dibilang cukup sibuk. Pasalnya Instagram telah merilis beberapa fitur dalam kurun waktu yang hampir berdekatan.

Awal bulan ini contohnya. Instagram resmi meluncurkan fitur Instagram Account Status. Fitur tersebut memungkinkan konten kreator mengetahui kalau video mereka diblokir Instagram, dan nggak bisa masuk halaman rekomendasi.

Seminggu setelahnya, Instagram kini kembali meluncurkan fitur baru. Fitur anyar kali ini bernama “Notes.” Nah kira-kira apa itu fitur Instagram Notes dan fungsinya untuk apa? Mari kita cari tahu bareng-bareng!

Fitur Instagram Notes Bisa Buat Apa Sih?

‘Instagram yang dulu bukan Instagram yang sekarang.’ Hm.. Ungkapan tersebut kayaknya pas banget deh sama kondisi Instagram saat ini.

Dulu Instagram mungkin cuma dipakai buat mengunggah foto/video biasa. Tapi sekarang berbeda. Dengan hadirnya berbagai fitur baru, Instagram telah berubah menjadi ajang untuk mencurahkan pikiran alias ‘unek-unek’ penggunanya.

Instagram juga menjadi platform yang asik buat ngobrol bareng teman. Apalagi sekarang fitur DM Instagram sudah lebih seru dengan tampilan ciamiknya.

fitur instagram notes
Sumber: Meta Blog

Nggak berhenti sampai di situ, Instagram kini resmi menambahkan fitur Notes. Fitur Instagram Notes adalah cara baru untuk membagikan pemikiran ke orang lain.

Notes sendiri adalah fitur postingan singkat hingga 60 karakter yang cuma bisa dibikin pakai teks dan emoji. Lalu di mana letak fitur Notes?

Cara menemukannya gampang kok. Kamu bisa mengakses Notes di bagian atas DM. Setelah itu pilih follower yang kamu ikuti kembali / orang-orang yang ada di daftar Teman Dekat-mu.

Nah nanti Notes yang kamu bikin bakal muncul di bagian atas kotak masuk mereka selama 24 jam. Lalu balasan ke Notes akan masuk sebagai DM di kotak masukmu.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Avatar di Instagram Story dan Direct Message Jadi Lebih Menarik

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca tutorial cara membuat Instagram Notes dari kami.

Instagram Uji Coba Fitur Menarik Lainnya

Instagram tidak hanya meluncurkan fitur Notes. Tapi baru-baru ini Instagram juga mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba fitur baru di Stories.

fitur instagram notes
Sumber: Meta Blog

Fitur pertama yang sedang diuji adalah nominasi Add Yours. Dalam uji coba kali ini, pengguna bisa mengundang teman untuk berpartisipasi ke dalam Add Yours dengan cara mengetuk Teruskan.

Selain itu, Instagram juga turut menguji coba fitur Candid Stories. Dengan fitur ini pengguna bisa membagikan aktivitas terkini lewat sebuah cerita yang ‘hanya bisa dilihat oleh mereka yang juga berbagi cerita mereka sendiri.’

svg%3E
Sumber: Meta Blog

Di sisi lain, Instagram juga tengah menguji coba fitur Profil Grup. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat dan bergabung ke dalam jenis profil baru. Di sana pengguna dapat berbagi postingan dan cerita dalam profil khusus yang dibagikan dengan teman.

Fitur lain yang sedang diuji coba Instagram adalah Koleksi Kolaborasi. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengakses grup dengan minat yang sama dengan orang lain.

svg%3E
Sumber: Meta Blog

Itu dia informasi soal fitur Instagram Notes, dan beberapa fitur lain yang sedang diuji coba. Khusus untuk fitur yang masih dalam tahap uji coba, belum diketahui kapan mereka akan rilis. Tapi kalau sudah masuk tahap uji coba, harusnya sih nggak bakal lama.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]