Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Account Status Rilis, Fitur ‘Sakti’ Bisa Tunjukkan Video yang Diam-Diam Diblokir Instagram!

instagram account status
Sumber: Social Status
Indri Penulis

Fitur Instagram Account Status hadir untuk bantu kreator. Fitur tersebut akan memberi tahu kreator kalau postingan mereka diblokir supaya nggak direkomendasikan.

Sudah dari dulu Instagram terkenal sebagai ‘rumahnya para kreator.’ Apalagi sejak hadirnya fitur Reels yang memungkinkan pengguna bikin video pendek seperti di TikTok. Jumlah kreator Instagram langsung meningkat tajam.

Jadi kreator di Instagram juga nggak rugi. Malah kalau sukses, kreator bisa panen cuan dari sana. Sayangnya jadi kreator nggak segampang membalik telapak tangan. Kadang ada juga beberapa masalah yang sering dihadapi kreator Instagram.

Salah satunya adalah menurunnya performa postingan secara mendadak. Hal tersebut bisa terjadi karena postingan diblokir Instagram dan nggak masuk rekomendasi. Sayangnya kebanyakan kreator nggak sadar kalau postingannya diblokir.

Sebagai solusinya, sekarang fitur terbaru Instagram Account Status hadir untuk membantu kreator. Fitur ini akan memberi tahu kreator kalau postingan mereka sudah diblokir. Nah kira-kira seperti apa ya cara kerjanya?

Cara Kerja Fitur Terbaru Instagram Account Status

Fitur Instagram Account Status diumumkan oleh Adam Mosseri lewat postingan Twitter-nya. Dalam cuitannya, Adam Mosseri menjelaskan seperti apa cara kerja fitur tersebut.

Menurut Adam, Account Status memungkinkan kreator bisa melihat apakah postingan mereka diblokir atau tidak. Fitur tersebut juga akan menunjukkan di bagian mana postingan kreator tidak muncul.

instagram account status

Di mana pengguna bisa menemukan fitur Account Status? Fitur tersebut bisa ditemukan di dalam menu Pengaturan, atau tepatnya di bawah Akun.

Saat membuka fitur tersebut, kreator bisa melihat apakah ada postingan mereka yang diblokir atau tidak. Dengan begitu, kreator bisa tahu kalau ada postingan yang ‘dilarang’ Instagram untuk direkomendasikan kepada non-followers.

Seperti yang kita tahu, biasanya video-video rekomendasi akan muncul di beberapa tempat. Contohnya di halaman Explore dan beranda Instagram. Bahkan di tahun 2023, Meta rencananya akan memperbanyak intensitas video rekomendasi di beranda Instagram.

Baca Juga:  Instagram Mulai Uji Coba Fitur Pin Postingan Favorit di Halaman Profil

Nah agar video memenuhi syarat dan bisa tampil di Explore atau tempat lain, postingan Instagram harus mengikuti semua Pedoman Komunitas. Salah satunya nggak boleh memposting video berbau kekerasan.

instagram account status
Sumber: iThinkDifferent

Masalahnya, bisa jadi kreator pernah memposting video yang berisi kekerasan seperti perkelahian. Tanpa disadari, ternyata video tersebut telah melanggar komunitas Instagram. Makanya video tersebut diblokir supaya nggak direkomendasikan ke pengguna lain.

Dengan adanya fitur Account Status. Kreator nggak hanya mengetahui apakah videonya diblokir atau tidak. Tapi mereka juga bisa mengedit, menghapus atau mengajukan banding atas keputusan Instagram.

Saya pribadi setuju dengan adanya fitur Instaram Account Status. Setidaknya fitur ini akan memberikan kreator kejelasan berupa penyebab performa video mereka menurun.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]