Fitur Instagram “Nudge” Bisa Bantu Remaja Jelajahi Konten Lain

Indri Penulis

Instagram memperkenalkan fitur baru “Nudge.” Fitur ini bakal membantu remaja menjelajahi konten baru dengan cara yang lebih ‘halus.’

Di tahun 2021, Instagram dalam acara CNN’s State of the Union mengatakan kalau mereka menguji coba “Nudge” dan “Take a Break.” Nudge adalah fitur yang dapat merekomendasikan konten lain ke pengguna Instagram remaja. Sebelumnya, ada penelitian yang mengatakan bahwa Instagram bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan mental anak muda.

Lama nggak ada kabar, Juni 2022 ini, akhirnya Instagram resmi mengenalkan fitur Nudge untuk ‘mendorong’ remaja beralih dari topik yang mungkin membuat mereka ‘terpaku’ ke Instagram (alias selalu mantengin layar Instagram buat lihat konten yang sama).

Dilansir dari XDA-Developers, notifikasi Nudge akan ditayangkan di negara-negara tertentu dan akan mendorong remaja untuk melihat topik berbeda saat berada di halaman Explore / Jelajah.

fitur instagram nudge

Nah Nudge nanti akan merekomendasikan sesuatu yang baru, tetapi juga akan mengecualikan topik yang terkait dengan citra tubuh / perbandingan penampilan.

Kami merancang fitur baru ini karena penelitian menunjukkan bahwa Nudge bisa efektif untuk membantu orang – terutama remaja – lebih memperhatikan bagaimana mereka menggunakan media sosial saat ini,” kata Instagram.

Dalam sebuah studi tentang efek dorongan pada penggunaan media sosial, 58.2% responden setuju atau sangat setuju bahwa dorongan membuat pengalaman media sosial mereka lebih baik dengan membantu mereka menjadi lebih sadar dalam pemakaian waktu bermedia sosial,” lanjut Instagram.

Penelitian kami sendiri menunjukkan bahwa mereka juga berhasil: Selama periode pengujian satu minggu, satu dari lima remaja yang melihat Nudge kami beralih ke topik yang berbeda,” tutup Instagram.

Oya selain Nudge, Instagram juga meluncurkan ‘Take Break.’ Take Break adalah sebuah fitur yang mengingatkan komunitasnya untuk beristirahat sejenak dari platform.

‘Take Break’ akan segera diperluas ke remaja yang gemar menonton Reels. Fitur ini akan mengingatkan mereka untuk beristirahat. Saat ini, Take Break baru diuji di AS, Inggris, Irlandia, Kanada, dll (fitur ini akan diluncurkan ke negara lain saat musim panas).

    %d blogger menyukai ini: