Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Face ID di iOS 15.4 Bisa Buka Kunci Ponsel Walau Pakai Masker

Indri Penulis

Apple resmi meluncurkan iOS 15.4 dengan beberapa pembaruan menarik, salah satunya yakni fitur Face ID yang bisa buka kunci meski pakai masker.

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, orang-orang harus memakai masker saat pergi ke luar rumah. Hal ini dianjurkan untuk meminimalisir penularan COVID-19.

Sayangnya pemakaian masker justru menimbulkan masalah tersendiri buat pengguna iPhone, khususnya yang menggunakan Face ID untuk membuka kunci ponsel. Karena pakai masker, Face ID jadi nggak bisa mendeteksi wajah mereka. Sedangkan kalau melepas masker untuk pakai Face ID, mereka khawatir tertular COVID-19.

Sadar akan masalah tersebut, pada bulan Agustus 2021, Apple mulai menguji coba versi terbaru Face ID. Versi terbaru itu diklaim mampu mendeteksi wajah meskipun pengguna memakai masker.

Maret 2022 akhirnya fitur Face ID terbaru resmi debut di iOS 15.4. Dengan Face ID versi baru ini, beberapa iPhone yang kompatibel kini bisa dikonfigurasi agar Face ID berfungsi saat pengguna pakai masker.

Hm.. Kamu mungkin penasaran dengan cara kerja fitur tersebut kan? Kok dia masih bisa mendeteksi wajah pengguna yang tertutup masker? Apa sensor Face ID sekarang bisa menembus ke dalam masker?

Hehehe. Nggak kok. Sensor Face ID belum mampu menembus sampai ke dalam masker. Sensor ini cuma memindai area di sekitar mata.

Saat kamu mau mengaktifkan Face ID terbaru, kamu akan melihat beberapa petunjuk cara mengaktifkan Face ID dengan masker. Salah satu petunjuknya, kamu harus melihat kamera telepon tanpa berkedip dan pastikan area mata tidak tertutup sesuatu (poni atau kacamata misalnya).

Sayangnya Apple telah mengonfirmasi kalau fitur ini nggak tersedia untuk semua iPhone. Hanya iPhone 12 dan model lebih baru saja yang mendukung fitur ini. Itu artinya iPhone X, iPhone XS, iPhone XR atau versi iPhone yang lebih lama nggak bisa menikmati fitur tersebut.

Oya selain fitur Face ID baru, iOS 15.4 juga kedatangan beberapa pembaruan kecil yang nggak kalah menarik, seperti hadirnya 37 emoji baru (termasuk emoji meleleh, menggigit bibir, peralatan rumah tangga, dll).

iOS 15.4 juga membawa pembaruan ke SharePlay. Sekarang beberapa aplikasi bisa langsung memulai panggilan Shareplay, bukan mulai panggilan SharePlay dulu baru membuka aplikasi seperti sebelumnya.

iOS 15.4 juga menghadirkan pembaruan pada Siri. Sekarang Siri hadir dengan suara baru, dan ia kini bisa memberikan informasi soal waktu dan tanggal secara offline.

Di sisi lain, Apple nggak hanya meluncurkan iOS 15.4. Mereka juga turut merilis iPadOS 15.4 dengan fitur barunya Universal Control (ada juga di macOS Monterey 12.3). Fitur tersebut memungkinkan pengguna memakai Mac dan iPad secara bersamaan dan menggerakkan mouse pointer dengan mulus di antara keduanya. Pengguna juga bisa memindai file antara dua perangkat, seolah-oleh mereka berada di komputer yang sama.

iPadOS 15.4 juga memboyong beberapa pembaruan yang sama dengan iOS 15.4. Seperti hadirnya 37 emoji baru, opsi suara baru untuk Siri (bersama dengan kemampuan memberikan informasi waktu dan tanggal secara offline), pembaruan SharePlay, dll.

Apple baru-baru ini juga merilis watchOS 8, macOS Monterey 12.3, tvOS 15.4, dan HomePod Software 15.4. Sama seperti iOS 15.4 dan iPadOS 15.4, beberapa versi baru OS tersebut juga memboyong fitur anyar dan berbagai peningkatan.