Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Keren Laptop ASUS ZenBook Pro Duo UX581 Memang Bikin Beda

asus zenbook pro duo ux581
Anom Penulis

ASUS ZenBook Pro Duo UX581 merupakan sebuah laptop dengan fitur unik karena memiliki layar ekstra. Tapi apa hanya itu saja yang ada di laptop canggih ini? Yuk kita lihat.

Pada tahun 2018, ASUS merilis laptop ZenBook Pro UX580 yang memiliki fitur ScreenPad. Fitur ini merupakan touchpad berupa layar dengan fungsi tambahan dan aplikasi khusus yang bisa disematkan oleh pengguna.

Memperkenalkan fitur layar ekstra tidaklah mudah. Karena bisa saja fitur itu hadir tanpa fungsi yang jelas. Itu sebabnya, tidak banyak produsen laptop yang berani mengembangkan fitur seperti ini.

Pada laptop ZenBook Pro Duo UX581 ini, ASUS mengambil langkah lebih jauh lagi dengan berbagai fitur yang lebih berani. Nah apa saja fitu tersebut?

Fitur ASUS ZenBook Pro Duo UX581

1. Desain Unik

Laptop ini memiliki desain bodi asimetris yang berbeda dengan laptop lain. Namun tetap membawa kekhasan ZenBook, yaitu dengan spun-metal finish di bagian belakang.

Selain itu, terdapat pula konstruksi bodi yang juga mendukung sistem pendingin. Ada dua ventilasi di bagian samping dan fitur ErgoLift Design yang membuat bodi terangkat saat layar dibuka. Dengan begitu, aliran udara bisa berjalan lebih lancar.

fitur ergo lift zenbook pro duo ux581
ErgoLift Design

Bodi laptop ini juga terbuat dari bahan aluminium yang ringan tapi kuat. Bahkan sudah memiliki sertifikasi standar militer MIL-STD 810G. Artinya, laptop ini sudah lolos pengujian di ketinggian ekstrim, uji pemelintiran hingga sudut ekstrim, penggunaan di suhu ekstrim, sampai uji ketahanan terhadap cipratan air.

2. Layar untuk Profesional

Layar laptop Zenbook Pro Duo UX581 memiliki kualitas standar profesional. Selain panel OLED dengan resolusi 4K UHD, layar ini juga memiliki tingkat reproduksi warna 100% pada color space DCI-P3 dan 133% pada sRGB. Laptop ini pun sudah mengantongi sertifikat Pantone Validated Display dan Vesa DisplayHDR Certified.

Baca Juga:  ASUS Rilis ASUS ROG Flow X16 & ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition 2022

Tentu layar ini juga mendukung fungsi layar sentuh. Bagaimanapun, layar sentuh yang mendukung Windows Ink akan mempermudah profesional di bidang ilustrasi dan desain grafis. Boleh dikatakan, pemakaian pena stylus akan menjadi standar baru bagi para pekerja kreatif.

asus zenbook pro duo ux581
Posisi touchpad/numpad dan ScreenPad Plus

3. TouchPad sebagai NumPad

Fitur menarik lain adalah touchpad laptop yang bisa berubah menjadi numpad dengan menekan ikon di pojok kanan atas kotak ini. Fitur ini cukup unik mengingat biasanya laptop tidak memiliki numpad khusus. Letak touchpad yang ada di sebelah kanan juga mengingatkan kita pada letak numpad di keyboard konvensional dan kebiasaan memakai mouse di komputer biasa (untuk yang bukan kidal).

4. ScreenPad Plus

Nah, inilah yang paling membedakan laptop ini dengan laptop lainnya. ScreenPad Plus merupakan layar ekstra yang terletak di atas keyboard. Layar ini berukuran besar, sehingga bisa lebih maksimal untuk produktivitas. Ukurannya setengah dari layar utama. Hebatnya lagi, resolusi layar kedua ini juga sama-sama 4K dan memiliki kualitas panel yang sama pula.

Dengan ukuran yang cukup besar ini, pengguna bisa menyematkan 3 jendela aplikasi di ScreenPad Plus. Tinggal geser dan letakkan di posisi yang diinginkan. Kalau aplikasi yang diletakkan hanya 2, maka ukuran jendela aplikasi akan menyesuaikan (jadi setengah-setengah).

screenpad plus zenbook pro duo
Aplikasi di ScreenPad Plus

ASUS menambahkan beberapa fungsi khusus di ScreenPad Plus untuk mempermudah pemakaiannya. Ada App Switcher dan Task Swap yang memungkinkan pengguna memindah aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus secara instan dan sebaliknya. Lalu ada pula App Navigator dan Task Group untuk mengatur dan memonitor aplikasi yang berjalan dari ScreenPad Plus.

Salah satu fitur seru selain di atas adalah Quick Key. Fitur ini bisa menampilkan tombol pintasan (shortcut) aplikasi yang sedang berjalan di ScreenPad Plus. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan segalanya lebih cepat.

Baca Juga:  Ponsel ASUS ROG Phone 6D Tampak Bertengger Manis di AnTuTu

Spesifikasi

  • CPU:
    • Intel® Core™ i7-9750H Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz)
    • Intel® Core™ i9-9980HK Processor 2.4 GHz (16M Cache, up to 5.0 GHz)
  • Operating System:
    • Windows 10 Home (Core i7 variant)
    • Windows 10 Pro (Core i9 variant)
  • Memory: 32GB DDR4
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Display
    • Main Display: 15,6” (16:9) Touch Screen OLED 4K UHD (3840×2160), 133% sRGB, 100% DCI-P3, Pantone Validated Display Anti-Glare, Vesa HDR Certified Display, 400nits
    • ScreenPad Plus: 14” (16:4,5) 4K Touch Screen (3840×1100) wide-view
  • Graphics: NVIDIA GeForce RTX 2060 with 6GB GDDR6 VRAM
  • Input/Output: 2 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2) with Thunderbolt 3, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI
  • Camera: IR HD Web Camera (support Windows Hello facial recognition)
  • Connectivity: Wi-Fi 5(802.11ac) 1*1 + Bluetooth
  • Audio: Built-in Harman / Kardon certified speaker, Built-in array microphone with Amazon Alexa support
  • Battery: 71WHrs, 4S2P, 8-cell Li-ion
  • Dimension: 35.9(W) x 24.6(D) x 2.30 ~ 2.40 (H) cm
  • Weight: 2,5Kg
  • Colors: Light Grey

Harga

Laptop ASUS ZenBook Pro Duo UX581 memiliki dua varian, yaitu berbasis Intel Core i7 dan i9. Harga masing-masing varian adalah:

  • Rp45.999.000 (Core i7 variant)
  • Rp55.999.000 (Core i9 variant)

asus zenbook pro duo ux581
Deskripsi
Laptop
Kategori
Profesional
Merk
ASUS
Situs Resmi