Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Jajaran Laptop Baru ASUS di Computex 2018

Gal Gadot ASUS Brand Ambassador
Anom Penulis

Di ajang Computex 2018, ASUS mengumumkan begitu banyak produk. Selain dari lini ASUS ROG — seperti ASUS ROG phone dan laptop ASUS ROG Strix — masih ada produk lain seperti ASUS Zenbook dan Vivobook. Yuk kita lihat laptop baru ASUS tersebut.

Selain kedua seri laptop itu, ASUS juga menunjukkan Project Precog. Sebuah konsep perangkat notebook baru dengan dual screen dan fitur artificial intelligence (AI). Hm, menarik.

popculture.id

Oya, sedikit out of topic, ASUS pun mengumumkan kerjasama dengan Gal Gadot sebagai brand ambassador ASUS. Jadi kita bisa melihat senyum indah artis cantik ini sambil memilih laptop baru ASUS keluaran 2018 ini (kira-kira ada bundling wallpaper Gal Gadot secara bawaan gak ya? ?).

ASUS VivoBook S15 (S530), VivoBook S14 (S430) dan ASUS VivoBook S13 (S330)

ASUS VivoBook S14
ASUS VivoBook S14

Laptop VivoBook S15 dan S14 merupakan laptop Windows 10 yang ringan (sekitar 1,8 kg dan 1,4 kg) dan bergaya (tersedia dengan warna Firmament Green, Star Grey, Silver Blue, Gun Metal dan Icicle Gold). Engsel ErgoLift akan membuat keyboard terangkat sedikit sehingga memberikan posisi mengetik yang lebih nyaman.

Layar dengan bingkai tipis (ASUS menyebutnya NanoEdge) memberikan perbandingan layar ke bodi sebesar 86% untuk VivoBook S15, dan 84% untuk VivoBook S14. Kalau kedua VivoBook tadi memiliki bingkai tipis, ASUS VivoBook S13 memberikan bingkai yang lebih tipis lagi. Bahkan memberikan rasio layar dan bodi sebesar 89%! Jadi, laptop ini menyajikan layar 13 inci di bodi laptop yang biasanya berukuran 11 inci.

Ketiga laptop ini juga dipersenjatai dengan prosesor Gen 8 Intel Core i7 dan GPU NVIDIA GeForce MX 150. VivoBook S15 dan S14 juga dilengkapi dengan penyimpanan ganda (SSD dan HDD).

VivoBook Flip 14 (TP412)

VivoBook Flip 14
VivoBook Flip 14

ASUS VivoBook Flip 14 merupakan varian terbaru dari keluarga VivoBook Flip, seri laptop Windows 10 dengan layar yang bisa dilipat 360º. Kemampuan layar ini memungkinkannya digunakan dalam mode notebook, berdiri, tenda, atau tablet. Sehingga sangat fleksibel.

Laptop ini juga hadir dengan NanoEdge touch screen (rasio 82% dengan bodi), prosesor Gen 8 Intel Core i7, RAM 16GB, dan penyimpanan sampai 1TB SSD. ASUS VivoBook Flip 14 juga mendukung penggunaan ASUS Pen.

[irp posts=”51922″ name=”ASUS ROG G703, Laptop Gaming Intel Core i9 yang Sanggup Libas Game Grade AAA”]

ASUS ZenBook Pro 15 (UX580) and ZenBook Pro 14 (UX480)

ZenBook Pro 14 ScreenPad
ZenBook Pro 14

Kedua laptop ZenBook Pro 15 dan 14 memperkenalkan fitur baru bernama ScreenPad. Fitur ini mirip dengan Touch Bar di MacBook Pro. Touchpad laptop ini sekarang berupa layar sentuh kecil yang menampilkan beberapa ikon aplikasai atau fungsi aplikasi tertentu dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Sebagai laptop papan atas, ASUS ZenBook 15 dilengkapi dengan dapur pacu tingkat tinggi. Meliputi prosesor Gen 8 Intel Core i9, GPU NVIDIA GeForce GTX 1050Ti, penyimpanan 1TB PCIe x4 SSD, gigabit-class Wi-Fi, dan colokan Thunderbold 3. Selain itu juga memiliki layar 15.6 inci 4K UHD NanoEdge dengan dukungan Pantone dan Adobe RGB, dan audio sistem dengan sertifikasi Harman Kardon.

Sedangkan ASUS ZenBook 14, dilengkapi dengan prosesor Gen 8 Intel Core i7, GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 MAX-Q, RAM 16GB, dan Intel Optane memory. Layarnya yang sebesar 14 inci FHD juga mendukung NanoEdge.

ZenBook S (UX391)

ASUS ZenBook S Burgundy
ASUS ZenBook S

ASUS ZenBook S merupakan laptop Windows 10 ultraportable. Dengan pertimbangan seperti itu, laptop dengan layar 13 inci ini, selain memperhitungkan performa, juga mempertimbangkan ketahanan. ASUS ZenBook S sudah lulus sertifikasi kelas militer, MIL-STD-810G.

Sama seperti VivoBook S, laptop ini juga menggunakan engsel ErgoLift untuk penggunaan keyboard lebih nyaman, dan memberi ruang aliran udara yang lebih baik. Dari sisi spesifikasi, ZenBook S menggunakan prosesor Gen 8 Intel Core, penyimpanan SSD dengan PCIe x4, layar 4K UHD NanoEdge, dan tiga colokan USB-C Thunderbolt 3.

Project Precog

Project Precog dual screens
Project Precog

Project Precog merupakan sebuah perangkat ambisius dari ASUS. Alih-alih menggunakan keyboard fisik, Project Precog menggunakan dua layar sebagai sarana interaksi operasional. Dengan engsel 360º, kedua layar ini bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam berbagai posisi. Jadi, bayangkan konsep foldable phone, tapi dalam bentuk laptop.

Untuk memungkinkan interaksi yang intuitif di kedua layar ini, ASUS menanamkan teknologi AI di dalamnya. Termasuk dukungan untuk Microsoft Cortana, Microsoft Office 365 berbasis AI, dan Amazon Alexa. Dukungan ini dimungkinkan dengan teknologi Intel Movidius Vision Processing Unit.

    %d blogger menyukai ini: