Google Rilis Fitur Kirim File Cepat ‘Nearby Share’ Untuk Android

foto: Google

Google akhirnya merilis fitur transfer fileNearby Share‘ di Android. Dengan fitur ini, kamu bisa kirim file ke sesama pengguna Android dengan lebih cepat dan mudah.

‘Nearby Share’ boleh dibilang menyerupai fitur AirDrop yang ada di ekosistem Apple (iOS, iPadOS, macOS). Sebelum ini, mengirim file dengan cepat secara offline di Android baru bisa dilakukan di perangkat dengan merek yang sama atau harus menggunakan aplikasi transfer file.

Beberapa merek smartphone asal Cina sudah mengupayakan cara standar untuk melakukan hal ini antar perangkat. Namun Google akhirnya memberikan protokol standar untuk ponsel Android.

Kirim File Antar Android Lebih Mudah

Sekarang, kamu bisa mengirim file ke teman atau orang yang ada di dekatmu dengan cepat dan tanpa koneksi internet.Β  Fitur ini jelas menguntungkan kalau kamu harus mengirim berkas berukuran besar seperti video.

kirim file dengan fitur nearby share
gambar: Google

Kamu tinggal menekan tombol ‘Kirim’, pilih ‘Nearby Share’, dan pilih perangkat tujuan. Sang penerima akan mendapat pemberitahuan dengan pilihan akan menerima file tersebut atau menolak.

Kalau menerima, fitur ini akan memilih cara terbaik untuk mengirim file tersebut. Apakah melalui Bluetooth, Bluetooth Low Energy (BLE), WebRTC, atau peer-to-peer-Wifi.

Cara ini juga lebih aman. Karena kamu tidak perlu mengirim informasi pribadi, seperti nomor telpon. Kamu juga bisa memilih menyembunyikan perangkatmu, terlihat untuk kontak tertentu, atau terlihat untuk semua orang.

Bisa Mengirim Ke Komputer Juga

gambar: Google

Nantinya kamu juga bisa mengirim file ke komputer. Google menyebutkan kalau fitur ‘Nearby Share’ segera tersedia di komputer Chromebook.

Mengingat komputer Chromebook memiliki sistem operasi ChromeOS yang berbasis browser Chrome, kelihatannya fitur ini juga akan hadir di browser itu. Semoga saja.

Ketersediaan

Google menyebutkan kalau fitur kirim file ‘Nearby share’ ini akan tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android 6 atau yang lebih baru.

Fitur ini akan hadir di smartphone Pixel dan Samsung terlebih dulu. Google akan membawa fitur ini ke merek lain dalam beberapa minggu mendatang.

%d blogger menyukai ini: