Black Shark, Meizu, OnePlus, dan Realme Gabung Aliansi Transfer File

Pada bulan Agustus 2019 OPPO, Vivo, dan Xiaomi membentuk aliansi untuk transfer file antar smartphone. Kini anggota aliansi transfer file itu bertambah dengan Black Shark, Meizu, OnePlus, dan Realme.

Ketiga perusahaan smartphone asal Cina itu bekerja sama untuk membuat protokol transfer file peer-to-peer (P2P) baru. Protokol ini akan memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Wi-Fi Direct. Harapannya mengirim berkas antar smartphone bisa berjalan langsung dan lebih cepat, bahkan tanpa lewat internet.

Fitur ini tertanam pada fitur “share” di masing-masing ponsel dari merek tersebut. Namun, sekarang fitur “share” itu bisa bekerja lintas smartphone dan lintas merek.

Bertambahnya Anggota Aliansi

Berdasar unggahan terbari di situs Weibo, beberapa merek smartphone lain sudah bergabung dengan aliansi ini. Merek yang akan memakai protokol transfer file yang sama itu adalah Black Shark, Meizu, OnePlus, dan Realme.

anggota baru aliansi transfer file black shark dan meizu

Mungkin kamu menyadari kalau beberapa merek ini merupakan sub-brand dari merek yang lain yang beroperasi secara mandiri. Misalnya Black Shark yang merupakan anggota grup Xiaomi atau Realme dan OnePlus yang berada di bawah grup yang sama dengan OPPO dan Vivo. Jadi cukup wajar kalau mereka bergabung.

Toh semakin banyaknya anggota aliansi akan semakin menguntungkan pengguna. Karena perangkat yang bisa melakukan transfer file langsung semakin banyak pula. Bahkan disebutkan hal ini bisa menguntungkan lebih dari 400 juta pengguna smartphone berbagai merek tersebut di dunia.

anggota baru aliansi transfer file oneplus dan realme

Mungkin kamu menganggap transfer file bukan perkara penting karena bisa mengirim lewat WhatsApp. Kalau file berukuran kecil memang tidak masalah. Namun bagaimana kalau kamu hendak mengirim rekaman video berukuran 500MB?

Protokol ini akan membantu hal itu. Dengan teknologi ini, kamu bisa mengirim berkas dengan kecepatan sampai 20MBps dan tanpa internet. Artinya, selain lebih cepat, juga lebih hemat.

Nah, jadi kalau kamu dan teman-temanmu memakai ponsel dari merek tersebut β€” Black Shark, Meizu, OnePlus, OPPO, realme, Xiaomi, atau Vivo β€” nantinya tidak perlu pusing lagi kalau mau transfer file berukuran besar. Tapi untuk sementara, kita perlu menunggu sampai protokol lintas perangkat ini benar-benar diterapkan oleh para anggota baru.

%d blogger menyukai ini: