Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Bikin Fitur Baru Bagi Pengguna untuk Kontrol Mention

twitter icon
Gambar: twitter
Indri Penulis

Fitur baru untuk kontrol Twitter Mention kabarnya sedang dikembangkan. Nantinya, orang nggak bakal bisa ‘asal’ mention pengguna lain.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Twitter rajin menghadirkan fitur-fitur baru ke platform-nya. Ya maklum saja, namanya juga salah satu raksasa media sosial. Jadi wajar kalau Twitter ingin memanjakan penggunanya.

Seperti yang terjadi beberapa bulan terakhir. Twitter meluncurkan fitur Circle untuk menampilkan cuitan ke orang-orang tertentu. Twitter juga turut menghadirkan cara baru untuk nonton video secara full screen ke platform-nya.

Lalu yang terbaru, Twitter resmi menghadirkan fitur yang paling diinginkan oleh pengguna yakni tombol edit (yah walaupun fitur tersebut cuma bisa dinikmati oleh pelanggan Twitter Blue).

Di sisi lain, Twitter juga nggak melupakan fitur yang menyangkut privasi penggunanya. Baru-baru ini, Twitter kabarnya sedang mengutak-atik mention, salah satu fitur kawakan yang ada di Twitter.

Twitter Bikin Fitur untuk Kontrol Mention

Baru-baru ini ada gosip yang mengatakan bahwa Twitter sedang mengembangkan fitur baru agar pengguna bisa mengontrol mention yang mereka terima.

Kabar ini dibeberkan oleh Jane Manchun Wong. Wong membeberkan seperti apa cara kerja fitur kontrol mention dalam salah satu cuitan terbarunya.

Seperti yang bisa kamu lihat pada cuitan Wong, kurang lebih seperti itulah cara kerja fitur kontrol mention. Pengguna bakal dibekali kemampuan untuk memblokir sepenuhnya mention dari orang yang tidak mereka inginkan.

Ada juga opsi yang mengizinkan semua orang (follower dan non-follower) agar bisa me-mention pengguna. Lalu opsi yang terakhir, cuma orang yang di-follow saja yang bisa mention pengguna.

Baca Juga:  Twitter Rilis Fitur Unmention, Bisa Buat Kabur Diam-Diam!

Kalau fitur tersebut diterapkan, hal tersebut dijamin akan disambut antusias oleh banyak pengguna Twitter. Apalagi buat pengguna yang benar-benar ingin menjaga privasi mereka.

Fitur mention sendiri sebenarnya sudah ada di Twitter sejak bertahun-tahun lalu. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menyebut orang lain di cuitan ataupun di komentar.

Sayangnya, selama ini nggak sedikit oknum yang menyalahgunakan fitur ini. Ada sebagian pengguna yang kadang ‘main asal mention’ ke orang lain, atau bahkan ke orang yang nggak mereka kenal. Alasannya bisa bermacam-macam, misalnya cuma untuk iseng-iseng, menambah insight, dll.

Padahal nggak semua orang suka di-mention. Apalagi kalau di-mention oleh orang yang nggak dikenal. Lha wong di-mention temannya sendiri, tapi topik obrolannya sudah melenceng jauh saja bikin males. Ya nggak?

Twitter sepertinya sadar soal masalah tersebut. Makanya mereka berusaha untuk menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol mention dari orang lain.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Twitter bereksperimen dengan fitur mention-nya. Pada bulan April 2022, Twitter dilaporkan menguji fitur Unmention. Kemudian lanjut di bulan Juli 2022, Twitter akhirnya resmi meluncurkan fitur tersebut ke semua pengguna.

Apa fungsi dari fitur Unmention? Lewat fitur ini, kamu bisa ‘diam-diam’ menghapus mention yang menyeret akunmu di cuitan orang lain. Jadi saat ada orang lain yang mention kamu, mereka tidak akan tahu kalau kamu tiba-tiba kabur dari mention tersebut.

Pasalnya Twitter tidak akan memberi tahu mereka kalau kamu sudah mengaktifkan fitur Unmention.

Fitur Unmention dan opsi untuk mengontrol mention sama-sama memberi dampak positif ke pengguna. Fitur yang pertama cocok buat kabur dari mention tanpa bikin orang lain tersinggung. Sedangkan fitur yang kedua bisa membatasi orang-orang yang ingin mention ke pengguna.

Baca Juga:  Rumor Twitter Bikin Fitur "Twitter Artikel," Bisa Buat Tweet Super Panjang!

Sayangnya walaupun opsi untuk mengontrol mention sudah dikembangkan, tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi resmi dari Twitter. Jadi kami sendiri belum tahu kapan fitur tersebut akan diluncurkan ke publik.

Yang jelas, saya pribadi cukup antusias dengan fitur tersebut. Soalnya benar-benar bisa membantu menjaga privasi di Twitter sih. Apa kamu juga sependapat dengan saya?