Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Moderator di Instagram Live Bikin Lebih Fokus Siaran Langsung

Indri Penulis

Kabar bagus buatmu! Sekarang Instagram Live sudah mendukung fitur moderator. Jika kamu bisa lebih fokus buat live streaming deh.

Instagram memang sudah lama memiliki fitur siaran langsung bernama “Instagram Live.” Sampai sekarang, fitur yang satu ini masih sering dipakai pengguna untuk berinteraksi langsung dengan orang lain (paling sering sih selebriti atau konten kreator yang ingin menyapa penggemarnya, atau olshop yang promosiin produknya).

Seiring berjalannya waktu, Instagram mulai merombak fitur Live-nya agar lebih menarik. Kalau dulu penonton cuma bisa melihat dan meninggalkan komentar di siaran langsung, sekarang penonton dapat bergabung di siaran langsung alias live bareng.

Nggak berhenti sampai di situ, Instagram baru-baru ini juga resmi menambahkan fitur moderator ke dalam Instagram Live. Seperti yang kamu lihat dalam gambar di bawah, streamer di Instagram sekarang bisa menunjuk salah satu penonton sebagai moderator.

Lalu apa tugas seorang moderator? Tugas utama moderator adalah mengelola/mengatur jalannya live streaming seperti melaporkan komentar yang nggak pantas, menghapus penonton dari live streaming, sampai mematikan komentar untuk penonton tertentu.

Bagaimana cara menambahkan moderator di Instagram Live? Gampang. Kamu bisa klik ikon menu di kolom komentar siaran langsung. Di dalamnya, kamu bisa mencari nama pengguna tertentu, atau memilih salah satu pengguna dari daftar yang disarankan oleh Instagram.

Ngomongin soal fitur moderator, fitur tersebut jelas bakal memberikan beberapa keuntungan buat streamer Instagram. Pertama, mereka bisa mengatasi (atau bahkan mencegah) berbagai ‘perilaku nggak pantas’ selama sesi live streaming. Contohnya aktivitas bullying yang ditujukan ke streamer selama sesi siaran langsung, komentar spam dari orang-orang iseng, dll.

Kedua, streamer bisa lebih fokus live streaming. Bayangkan kalau ada olshop yang sedang mempromosikan produknya lewat Instagram Live, terus tiba-tiba ada oknum nggak bertanggung jawab mengacaukan acara siaran langsung. Dengan adanya moderator, si moderator yang akan mengurus ‘pengacau siaran langsung.’ Sedangkan streamer bisa tetap fokus mempromosikan produknya.