Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Awas! Aplikasi Messenger Kini Punya Fitur Notifikasi Screenshot di Obrolan

Indri Penulis

Hati-hati lho. Sekarang Messenger punya fitur notifikasi screenshot di obrolan. Jadi saat kamu melakukan screenshot, teman ngobrolmu bakal tahu.

Fitur notifikasi screenshot diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, beberapa waktu lalu lewat akun Facebook-nya.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Messenger tahu jika pesan obrolannya dengan orang lain telah di-screenshot. Misal kamu lagi ngobrol bareng temanmu di Messenger, lalu tiba-tiba dia memfoto isi percakapan kalian. Kamu bakal melihat notifikasi yang mengatakan temanmu tadi sudah memfoto percakapan kalian di ruang obrolan.

Sayangnya fitur ini nggak berlaku disemua obrolan. Hanya obrolan yang dikirim dengan fitur “Secret Chat” alias pesan sementara (kalau di WhatsApp namanya Disappearing Messages) saja yang bakal mendapat notifikasi screenshot.

Kenapa notifikasi screenshot cuma di pesan Secret Chat? Sebab fitur Secret Chat dirancang untuk pengguna yang ingin mengirim pesan bersifat sensitif, pribadi atau rahasia, dan mereka nggak ingin pesan tersebut tersimpan selamanya di riwayat percakapan.

Di sisis lain, sebenarnya fitur Secret Chat telah dibekali lapisan keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (E2EE). Dengan E2EE, pengguna dapat melakukan percakapan rahasia yang bisa hilang otomatis, dan dijamin nggak bakal bisa disadap siapa pun, termasuk Meta.

Sayangnya lapisan keamanan E2EE belum bisa menjamin teman ngobrol nggak mengambil screenshot pada pesan sensitif sebelum hilang otomatis.

Dengan adanya fitur notifikasi screenshot, pengguna bisa tahu dan waspada saat lawan bicaranya mengambil screenshot dari obrolan yang mereka lakukan.

Tapi menurutmu, fitur notifikasi screenshot ini sudah benar-benar aman nggak sih? Kalau menurut saya sih belum 100%. Pasalnya fitur ini cuma ‘bisa memberitahu’ kita kalau lawan bicara me-screenshot gambar.

Coba kamu lihat lagi di postingan Mark Zuckerberg di atas. Notifikasi baru muncul saat lawan bicara sudah terlanjur me-screenshot gambar. Itu artinya, beberapa pesan sensitif yang terkirim sebelumnya sudah terlanjur diabadikan dong. Ya nggak?

Kalau misalnya Meta benar-benar ‘niat’ menambah lapisan keamanan di pesan Secret Chat, lebih baik mereka langsung bikin fitur agar lawan bicara nggak bisa me-screenshot gambar (contohnya seperti fitur anti-pembajakan yang ada di aplikasi-aplikasi webtoon itu lho). Gimana menurutmu?