Pesan Sementara WhatsApp Kini Bisa Hilang Setelah 24 Jam atau 90 Hari

Indri Penulis

Fitur Pesan Sementara di WhatsApp punya opsi baru! Sekarang Pesan Sementara bisa hilang setelah 24 jam atau 90 hari.

Aplikasi chat online telah mengubah cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Kalau dulu lewat SMS kita cuma bisa mengirim pesan teks, sekarang aplikasi chat online memungkinkan kita mengirimkan gambar, video atau bahkan rekaman suara ke orang lain.

Walau menguntungkan, namun ketika sesuatu dikirim secara online, kemungkinan besar file tersebut akan ‘selalu ada’ di beberapa server atau bahkan hard drive di suatu tempat. Bahkan walaupun kita sudah menghapus file tersebut secara permanen, ada kemungkinan kalau salinan pribadinya masih disimpan (baik secara online atau offline).

Untuk membantu mengurangi jejak digital yang kita tinggalkan, WhatsApp telah memperkenalkan fitur Disappearing Messages atau Pesan Sementara dan view-once media beberapa bulan lalu.

Kini WhatsApp melangkah lebih maju dengan menambahkan opsi baru ke fitur Pesan Sementara mereka. Kabar ini diumumkan WhatsApp dalam situs resminya.

Sumber : WhatsApp

Dalam pengumumannya, WhatsApp mengatakan kalau fitur Disappearing Messages punya opsi baru. Kalau dulu pesan akan hilang secara otomatis selama 7 hari, maka sekarang kamu bisa mengatur agar pesan bisa otomatis hilang setelah 24 jam atau 90 hari.

Ya, opsi baru terutama yang durasi 24 jam memang sudah lama ditunggu-tunggu pengguna. Apalagi pada bulan April lalu bocoran opsi yang lebih singkat itu sempat bocor di dunia maya. Lewat opsi yang lebih singkat ini, pengguna WhatsApp bisa lebih cepat menghapus jejak digital mereka deh.

Oya selain menghadirkan opsi durasi baru, Disappearing Messages juga kedatangan fitur pengaturan baru. Sekarang kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut ke ‘semua obrolan’ secara default, termasuk obrolan grup.

Sebelum adanya opsi pengaturan baru ini, kamu hanya bisa mengaktifkan fitur tersebut dalam obrolan secara manual. Tapi dengan mengaktifkan pengaturan secara default, kamu nggak perlu mengaktifkan fitur tersebut ke setiap kontak.

Sekali lagi, fitur Disappearing Messages mungkin diklaim mampu mengurangi rekam jejak digitalmu. Tapi fitur ini nggak bisa mencegah orang lain untuk me-screenshot gambar atau video yang kamu kirim.

Sementara itu, fitur ini telah diluncurkan ke pengguna WhatsApp Android dan iOS. Tapi peluncurannya dilakukan secara bertahap. Kalau kamu sekarang belum melihat opsi baru tersebut, coba update aplikasi WhatsApp-mu lebih dulu. Tapi kalau masih nggak ada, mungkin pembaruannya belum sampai ke kamu.

Kebetulan saya juga habis iseng-iseng memeriksa pembaruan di WhatsApp. Sayangnya opsi anyar ini belum menyambangi aplikasi WhatsApp saya.

    %d blogger menyukai ini: