Diskon VPN terbaik: Klik di sini

10 Fitur Nova Launcher Favorit Dan Layak Dipakai

nova launcher

Everyone’s favourite launcher. Tulisan yang diletakkan Kevin Barry di bagian About aplikasi Nova Launcher ini tidak salah. Launcher Android ini memang jadi favorit banyak orang. Termasuk saya. Nah, kali ini saya mau berbagi fitur Nova Launcher apa saja yang jadi kesukaan saya.

Sebenarnya saya tidak terlalu hobi utak-utik tema Android. Dulu malah saya tidak pernah menggunakan aplikasi launcher. Kemudian, saya mencicipi Evie Launcher yang saya suka karena sederhana. Tapi akhirnya, saya memilih Nova Launcher karena lebih fleksibel.

Karena saya tidak suka terlalu banyak edit tema, maka sejauh ini saya masih menggunakan Nova Launcher versi gratis. Mungkin nanti akan tiba saatnya ketika saya menggunakan Nova Launcher Prime.

Walau versi gratis, kamu sudah bisa melakukan cukup banyak hal di aplikasi launcher ini.Yah, mari kita lihat apa saja fitur Nova Launcher yang menarik.

1. Mengganti Tampilan Google Search Bar

fitur nova launcher untuk mengganti bentuk google search android

Heh, kotak Google Search di Home Screen Android kadang bisa mengganggu. Untungnya kita bisa merubah tampilan Google Search di Nova Launcher. Kamu bisa mengganti bentuk, mengganti logo Google, mengatur tingkat tembus pandang, dll.

Kamu bisa menemukan setelan Google Search ini di Nova Setting >  Desktop > Search Bar Style

2. Menghilangkan Tulisan di Ikon Aplikasi

menghilangkan tulisan ikon aplikasi android

Pada satu titik, saya sadar kalau saya kurang suka ada tulisan di ikon aplikasi Android di Home Screen. Saya pikir, karena itu handphone saya, maka saya pasti sudah tahu aplikasi apa saja yang sering saya pakai. Jadi tanpa tulisan pun tidak masalah.

Kamu bisa menemukan setelan tulisan ikon aplikasi Android ini di beberapa bagian Nova Setting. Untuk Home Screen di Desktop, untuk daftar aplikasi lengkap di Apps & Widget Drawer, dan untuk Dock. Cari bagian Icon Layout > Label.

3. Mengganti Warna Background App Drawer

ganti warna background app drawer android

App Drawer adalah bagian yang menunjukkan semua aplikasi yang ada di handphone. Singkatnya daftar aplikasi. Aslinya, kalau di Android 7 Nougat, background App Drawer berwarna putih. Nova Launcher memberi fitur setelan sehingga kita bisa mengganti warna dan membuat latar belakang daftar aplikasi jadi sedikit tembus pandang.

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Apps & Widget Drawer > Background. Selain App Drawer, kamu juga bisa mengganti latar Dock. Untuk ini masuk ke Nova Setting > Dock > Dock Background.

[irp posts=”44964″ name=”Membuat Tampilan Google Pixel (Plus Search Pill) di Semua Handphone Android”]

4. Mengganti Ikon Aplikasi Android

mengganti ikon aplikasi android

Ya, ini mungkin salah satu fitur paling populer di semua launcher. Nova Launcher pun demikian. Kita bisa mengganti ikon aplikasi Android dengan bentuk ikon yang kita suka. Baik secara keseluruhan, maupun satu persatu.

Tentunya untuk bisa mengganti ikon aplikasi, kamu harus download icon pack terlebih dulu. Saya pernah membahas hal ini. Silakan baca artikel aplikasi icon pack terbaik Android.

Untuk mengganti semua ikon aplikasi Android, masuk ke Nova Setting > Looks & Feel > Icon Theme. Pilih Salah satu icon pack yang sudah kamu download.

ganti satu ikon aplikasi android

Untuk mengganti satu persatu:

  • Tekan lama ikon aplikasi yang bersangkutan sampai keluar menu, lalu pilih Edit. Atau…
  • Tekan lama ikon aplikasi yang bersangkutan lalu geser ke atas ke bagian Edit.

Kemudian tekan gambar ikon di menu edit shortcut. Pilih ikon sesuai kesukaan.

5. Ganti Bentuk Folder Aplikasi Android

ganti bentuk folder aplikasi android

Tentu saja, mengganti ikon juga baiknya diikuti dengan mengganti bentuk folder. Entah biar seragam atau justru malah biar kelihatan berbeda. Folder aplikasi berguna kalau kamu ingin mengelompokkan aplikasi dalam satu tempat atau dalam satu kategori. Misalnya aplikasi media sosial atau game. 

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Folders > Folder Background. Pilih yang sesuai seleramu.

6. Night Mode

setelan night mode nova launcher

Nova Launcher memiliki fitur yang disebut Night Mode. Fitur ini akan menampilkan versi gelap semua elemen visual Android. Mulai dari background, search bar, folder, dll. Yang menarik, kamu bisa membuat jadwal kapan Night Mode ini aktif (atau kalau suka pakai terus).

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Night Mode. Di sana kamu bisa mengatur pilihan jadwal di Schedule, dan memilih elemen apa yang aktif.

[irp posts=”45066″ name=”Mencoba Tampilan Home Screen Launcher Google Pixel 2″]

7. Beri Bayangan di Bagian Atas dan Bawah Layar

gradasi bayangan di status bar android

Ini salah satu fitur Nova Launcher yang menurut saya sangat berguna. Kamu bisa memberi bayangan (dalam bentuk gradasi) di bagian atas dan bawah Home Screen Android. Gunanya adalah agar ikon di status bar bisa terlihat kalau warna wallpaper di Home Screen sama terang dengan warna ikon. 

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Desktop. Geser layar sampai kamu menemukan Show Shadow. Aktifkan.

8. Mengunci Home Screen Android

kunci tampilan ikon home screen android

Kamu pernah tidak sengaja menekan Home Screen dan ikon aplikasi bergeser? Nyebelin kan? Nah, kamu bisa mengunci Home Screen supaya ikon yang ada di sana tidak asal geser.

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Desktop. Geser layar sampai kamu menemukan Lock Desktop (di atas Show Shadow).

9. Posisi Ikon dan Widget di Subgrid

posisi sub grid ikon

Jujur, sebenarnya ini bukan fitur favorit saya. Malah saya tidak mengaktifkannya. Tapi saya bisa mengerti kalau fitur ini berguna. Subgrid Positioning memungkinkan kamu meletakkan ikon atau widget di tengah-tengah bidang grid. Dengan fitur ini kamu bisa meletakkan ikon atau widget lebih dekat satu dengan yang lain.

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Setting > Desktop > Desktop Grid. Centang pilihan Subgrid Positioning.

10. Backup Setelan

backup nova launcher

Ini salah satu fitur Nova Launcher yang paling berguna. Karena dengan fitur ini, walaupun kamu berganti handphone, kamu tetap bisa mendapat tampilan dan gestur yang sama seperti sebelumnya. Sangat memudahkan!

Kamu bisa menemukan fitur ini di Nova Settings > Backup & Import Settings. Kalau ingin tahu lebih jauh, silakan baca tutorial Backup Nova Launcher dari kami.

โ€”

Nah, itulah beberapa fitur Nova Launcher yang jadi favorit saya. Apa kamu juga pakai launcher Android ini? Fitur apa yang jadi favoritmu?

Kalau kamu belum pernah coba, silakan menuju Play Store dan unduh aplikasi Nova Launcher.

Download

More Stories
Video 360 Derajat Sudah Bisa Dinikmati di Windows Phone