Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Penjadwalan Instagram Meluncur, Bisa Jadwalin Postingan 2 Bulan Ke Depan!

fitur penjadwalan instagram
Sumber: News18
Indri Penulis

Fitur penjadwalan Instagram akhirnya resmi meluncur! Sekarang pengguna bisa bikin jadwal posting gambar, carousel atau Reels sampai 2 bulan kedepan.

Sebagai pelopor media sosial berbasis gambar dan video, Instagram tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini menyajikan fitur super lengkap. Dari fitur untuk posting, berinteraksi, sampai fitur editing foto dan video semua ada di Instagram.

Sayangnya selama ini masih ada satu fitur yang belum ada di Instagram. Yakni fitur penjadwalan Instagram. Padahal nggak sedikit pengguna yang sudah merengek minta fitur itu ke Instagram sejak dulu.

Akhirnya penantian lama terbayar tuntas! Karena Instagram mengumumkan fitur penjadwalan postingan. Fitur tersebut akan diluncurkan secara global dan bisa dinikmati semua kreator.

Apa yang Seru dari Fitur Penjadwalan Instagram?

Fitur penjadwalan Instagram diumumkan lewat akun Creators. Dalam pengumuman tersebut, Instagram mengatakan kalau fitur penjadwalan postingan akan diluncurkan secara global, selama beberapa minggu ke depan.

Pertanyaannya, apa aja yang bisa dilakukan fitur penjadwalan Instagram? Banyak. Tapi yang paling utama pengguna bisa menjadwalkan gambar, carousel dan bahkan Reels sesuai kebutuhan.

Nah yang lebih seru, fitur penjadwalan ini menawarkan durasi yang lumayan lama. Pengguna bisa bikin jadwal posting sampai 75 hari ke depan (atau sekitar 2 bulan lebih beberapa hari lah).

fitur penjadwalan instagram
Sumber: Instagram/Creators

Kreator tidak hanya bisa menjadwalkan postingan sesuai hari yang diinginkan. Kreator juga bisa memposting sesuai jam yang mereka inginkan. Jadi jadwal postingan dipastikan lebih tepat sasaran.

Dengan adanya fitur penjadwalan ini, kreator akan lebih enteng mengelola postingan. Kreator juga nggak perlu khawatir telat posting, karena semua bisa dijadwalkan ‘langsung dari Instagram.’

Baca Juga:  Cara Membuat November Dump di Instagram 2022, Langkah dan Aplikasinya!

Oya, Instagram tidak hanya meluncurkan fitur jadwal post lho. Instagram juga rencanaya siap meluncurkan fitur Achievements / Pencapaian untuk kreator.

fitur achievement instagram
Sumber: Instagram/Creators

Sesuai namanya, fitur Achievements hadir untuk merayakan pencapaian kreator Reels selama ini. Selain itu, fitur tersebut juga akan memberikan beberapa tips kepada kreator supaya Reels mereka lebih menarik.

Selain itu kreator juga bisa membuka pencapaian terkait dengan tindakan tertentu ketika bikin Reels. Contohnya:

  • Berkolaborasi dengan konten kreator lain (via stiker Add Yours, alat Kolaborasi, atau Remix).
  • Terlibat dengan komunitas agar Reels lebih interaktif (bisa via stiker Polling, Quiz, dll).
  • Bergabung ke dalam percakapan dengan menggunakan audio / efek yang sedang booming.
  • Mempertahankan kreativitas dengan memposting lebih dari 1 Reels dallam seminggu.

Nantinya kreator akan mendapat notifikasi setiap kali mereka membuka pencapaian. Notifikasi ini akan muncul setiap kali kreator selesai memposting satu video Reels. Kreator bisa menekan tombol “View” untuk melihat informasi lebih lanjut.

Lalu kapan fitur Achievements Instagram rilis? Untuk saat ini, fitur tersebut baru diuji coba secara global. Instagram juga belum memberitahu kapan fitur tersebut resmi dirilis.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]