5 Fitur Penting di Aplikasi PeduliLindungi yang Harus Kamu Tahu!

PeduliLindungi jadi aplikasi yang paling dicari rakyat Indonesia saat ini. Ini dia 5 fitur penting aplikasi PeduliLindungi yang wajib kamu tahu.

Sebagai upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, Pemerintah mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi adalah aplikasi bikinan anak bangsa, yang di dalamnya berisi berbagai fitur untuk mendukung upaya pemerintah melaksanakan survelians (pengamatan) kesehatan masyarakat selama masa pandemi COVID-19.

Nah, buat kamu yang masih asing sama aplikasi ini, simak sampai selesai berbagai fitur penting di aplikasi PeduliLindungi berikut ini yuk!

e-HAC

Electronic Health Alert Card (e-HAC) adalah syarat melakukan perjalanan udara selama pandemi. Dengan fitur ini, kamu nggak perlu repot-repot melakukan pemeriksaan vaksinasi dan tes kesehatan saat bepergian.

Di mana letak fitur e-HAC di aplikasi PeduliLindungi? Gampang, kamu bisa menemukan fitur ini langsung di beranda aplikasi. Letaknnya di bagian bawah layar, tepatnya di atas tab menu.

Paspor Digital

Paspor Digital yang dimaksud di sini adalah sertifikasi bebas COVID-19. Fitur ini akan mampu menunjukkan sertifikat vaksinasi, dan status vaksin yang telah kamu terima.

Cara memanfaatkannya gampang. Kamu cukup masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nama lengkap sesuai yang tercantum di KTP. Setelah itu status vaksinasimu akan muncul, dan kalau mau kamu bisa lihat sertifikatnya.

Pendaftaran Vaksin

Sesuai namanya, lewat fitur ini kamu bisa ikut program pendaftaran vaksin lho. Fitur ini bermanfaat banget buat kamu yang sering ketinggalan info soal vaksin di daerah sekitarmu.

Kamu bisa pakai fitur ini untuk dapatkan jadwal vaksin. Caranya nggak jauh beda sama Paspor Digital. Kamu cukup masukkan NIK dan nama lengkapmu.

Informasi Zona Risiko

Sesuai namanya, fitur ini bakal menampilkan kondisi daritempat kamu berada saat ini. Apakah tempat tersebut masuk zona rawan COVID-19, sedang, atau aman.

Setiap wilayah bakal ditandai dengan warna yang berbeda-beda. Contohnya kalau warna lokasimu saat ini hijau, artinya kamu ada di tempat yang aman dari COVID-19. Tapi kalau tempatmu warnanya merah, hati-hati karena di situ adalah lokasi rawan COVID-19.

Fitur ini pasti bakal kamu butuhkan saat ada di luar rumah. Apalagi kalau kamu misalnya sedang pergi ke luar kota. Kamu kan tidak tahu, apakah tempat yang kamu kunjungi itu masuk zona merah, oranye atau merah. Nah, kamu bisa pakai fitur ini untuk mengetahuinya.

Teledokter

PeduliLindungi telah bekerja sama dengan layanan konsultasi dokter pihak ketiga. Contohnya seperti halodoc, PROSEHAT, TelkoMedika, dan Grab Health.

Fungsinya apa sih? Nggak jauh beda sama aplikasi konsultasi dokter lainnya. Di fitur ini kamu bisa konsultasi sama dokter spesialis soal keluhan kesehatan saat ini. Kamu juga bisa konsultasi seputar COVID-19 dengan mereka.

Semua pemeriksaan kesehatan mandiri dan telekomunikasi dokter bakal difasilitasi oleh aplikasi pihak ketiga (halodoc, PROSEHAT, dll). Semua konten kesehatan yang ditampilkan juga jadi tanggung jawab pihak ketiga tersebut.

%d blogger menyukai ini: