Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Bikin Fitur Pesan “View Once” – Versi Kilat dari Pesan Sementara

whatsapp android iphone
Indri Penulis

WhatsApp rumornya sedang bikin fitur pesan “View Once.” Fitur ini adalah versi pendek dari pesan sementara. Gimana penampakannya?

Fitur pesan sementara WhatsApp pertama kali diperkenalkan pada November 2020. Lewat fitur ini kmau bisa mengirim teks, gambar, atau file apa pun ke pengguna WhatsApp lainnya, dan pesan tersebut bakal otomatis dihapus setelah 7 hari.

Merasa durasi 7 hari masih terlalu lama, April lalu WhatsApp kembali mengenalkan opsi lain dari pesan sementara. Opsi tersebut memungkinkan pesan sementara otomatis hilang setelah 24 jam.

Gimana, menurutmu masih kelamaan juga? Tenang. WhatsApp kabarnya lagi bikin fitur View Once. Dengan fitur ini, pesan yang kamu kirim bakal “langsung hilang” segera setelah si penerima menutupnya.

fitur view once untuk foto di whatsapp
Sumber : WABetaInfo

Model pesan View Once beda dengan chat mode biasa. Kalau chat mode biasa bisa kamu lihat preview-nya lewat panel notifikasi atau di layar kunci, maka pesan View Once nggak akan tampil di situ. Kamu hanya bisa membukanya langsung di WhatsApp.

Pesan View Once bisa kamu kirim baik dalam obrolan individu atau pun grup. Fitur ini bisa kamu aktifkan dengan cara tap 1x ikon View Once (angka 1 di dalam lingkaran putus-putus).

Sumber : WABetaInfo

Menariknya menurut WABetaInfo (sumber bocoran ini), fitur ini akan tetap berfungsi meski pun aplikasi si penerima belum mendukungnya.

Tapi perlu diingat, meski pesan View Once akan langsung hilang setelah dibuka, tapi orang lain tetap masih bisa merekamnya lho (pakai perekam layar, misalnya). WhatsApp juga tak akan memberitahumu kalau si penerima sudah membaca pesan tersebut.