Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Luncurkan Fitur Pin untuk Menyematkan Pesan Langsung (DM)

Indri Penulis

Twitter resmi meluncurkan fitur pin untuk menyematkan pesan langsung alias DM. Fitur ini punya cara kerja mirip seperti yang ada di aplikasi WhatsApp.

Sebagai platform media sosial, Twitter memang punya fitur pesan seperti media sosial lainnya. Sayangnyaa fitur perpesanan Twitter masih kalah jauh dari platform lain sekelas Facebook Messenger, iMessage, Discord, atau yang lainnya.

Untungnya baru-baru ini Twitter meluncurkan fitur baru yang membuatnya sedikit lebih maju. Fitur yang dinamakan “Pin conversation” tersebut memungkinkan pengguna Twitter menyematkan percakapan DM. Mungkin kalau kamu melihat fiturnya, fitur tersebut bakal mengingatkan kamu pada pin pesan di WhatsApp.

Cara Kerja Fitur Pin Pesan Twitter

Sadar atau tidak, pesan langsung di Twitter saat ini diurutkan dari yang paling aktif, sampai yang paling baru aktif. Jadi kalau kamu sudah lama nggak ngobrol sama seseorang/DM grup, kamu mungkin bakal kesulitan menemukan nama mereka dalam daftar. Sebab pesan mereka akan berada di urutan paling bawah.

Tapi dengan adanya fitur pin pesan, sekarang kamu bisa menyematkan hingga 6 pesan penting. Seperti yang ada di WhatsApp, setelah kamu menyematkan pesan, pesan tersebut akan selalu berada di urutan paling atas. Jadi kamu bisa lebih mudah menemukannya.

Dilansir dari XDA-Developers, fitur pin pesan sudah bisa diakses di aplikasi Android dan iOS. Untuk mengakses fitur tersebut, kamu cukup swap halaman pesan ke kanan. Setelah itu kamu akan melihat beberapa opsi, salah satunya “Pin coversation” untuk menyematkan pesan.

Bagaimana dengan Twitter web, apa fitur tersebut juga sudah ada di sana? Sudah kok. Kamu bisa menyematkan pesan dengan mengarahkan kursor ke ikon menu yang ada di halaman daftar obrolan. Setelah itu klik “Pin coversation.”

Baca Juga:  Twitter Uji Coba Fitur Pengatur Kecepatan Pemutaran Audio & Video

Hm.. Sebenarnya agak mengecewakan juga kalau fitur ini cuma bisa buat menyematkan 6 pesan. Tapi masih mending lah, pasalnya sekarang fitur tersebut sudah bisa diakses semua orang.

Kalau dulu, fitur untuk menyematkan pesan hanya bisa dinikmati oleh pelanggan Twitter Blue. Kalau fitur menyematkan pesan sudah nggak ekslusif, itu artinya Twitter Blue sekarang cuma punya dua fitur ekslusif yakni kemampuan untuk mengunggah video berdurasi lebih panjang dan gambar profil NFT.

Di sisi lain, Twitter nggak hanya fokus meluncurkan fitur untuk menyematkan pesan. Beberapa waktu lalu Twitter juga sempat meluncurkan fitur baru lainnya seperti Downvote, pengembangan fitur Twitter Articles, tab Explore baru bergaya ala TikTok, dan pengembangan fitur Safety Mode.