Pratinjau Halaman Wikipedia Mempermudah Lihat Konten

halaman wikipedia

Wikipedia menambahkan sebuah fitur yang sangat berguna di halaman mereka. Dengan fitur pratinjau halaman Wikipedia, pengunjung bisa melihat cuplikan informasi dari tautan yang ada di dalam sebuah artikel.

Di dalam sebuah halaman Wikipedia terdapat begitu banyak tautan. Saya kadang bisa membuka banyak tab di browser, karena tertarik dengan topik terkait yang ada di tautan tersebut. Baca artikel, lihat link menarik, klik kanan, buka di tab baru, dan seterusnya.

Kadang isi tautan itu tidak berkaitan langsung dengan halaman awal. Jadi membukanya sedikit sia-sia. Malah bisa jadi fokus saya teralihkan ke hal lain. ????

Dengan fitur pratinjau halaman ini, saya bisa melihat sekilas tanpa perlu membuka halaman atau tab baru di browser. Jadi lebih efisien.

[irp posts=”51458″ name=”Lihat Notifikasi Handphone Android di Browser Komputer”]

Memang itulah tujuan fitur ini. Wikimedia, melalui blog resminya, mengatakan bahwa mereka telah melakukan uji coba secara mendalam. Hasil uji coba menunjukkan bahwa fitur ini memang membuat pengalaman membaca Wikipedia lebih efisien.

Our testing shows that the feature makes it easier and more efficient for Wikipedia readers to interact with our content and get more context about a topic on Wikipedia.

Sekarang, kalau kamu membaca sebuah artikel Wikipedia dan bertemu tautan menarik, kamu bisa mengarahkan kursor ke tautan tersebut, dan nanti akan muncul pop-up berisi pratinjau halaman yang bersangkutan.

Pratinjau halaman WIkipedia berisi deskripsi halaman terkait. Jadi kamu bisa segera tahu apa isinya. Sekali lagi, tanpa harus membuka halaman atau tab baru.

tampilan pratinjau halaman wikipedia
Tampilan pratinjau halaman Wikipedia

Wikimedia juga menyebutkan kalau fitur ini masih dalam tahap awal. Dengan luasnya cakupan topik, media, dan bahasa di Wikipedia, masih banyak yang harus dilakukan. Baik dari segi desain, implementasi, dan melakukan evaluasi kembali.

Memang, saat ini fitur ini baru berfungsi penuh di halaman Wikipedia yang berbahasa Inggris. Ketika saya coba di halaman berbahasa Indonesia, baru ada beberapa tautan yang punya pratinjau. Yah, hal ini terjadi karena ada beberapa halaman yang belum punya versi bahasa Indonesia.

Lalu fungsi ini juga belum hadir di Wikipedia di browser handphone. Yah, hal ini juga bisa dimaklumi. Karena gestur yang menyerupai hover (meletakkan kursor di atas tautan), belum hadir di handphone sebagai standar.

Nah, itulah fitur baru pratinjau halaman Wikipedia. Memang sebuah perubahan kecil. Toh, saya pikir, fitur ini sangat berguna dan enak dipakai.

%d blogger menyukai ini: