Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Pratinjau Pesan Suara Sebelum Dikirim

Indri Penulis

Asyik! Sekarang WhatsApp punya fitur pratinjau pesan suara sebelum dikirim. Dengan fitur itu, kamu nggak perlu takut salah ngomong deh.

Fitur pesan suara memang sudah lama ada di WhatsApp, dan ia menjadi salah satu fitur favorit banyak orang. Tak seperti di Facebook Messenger, fitur pesan suara WhatsApp nggak punya batasan waktu. Jadi kamu bisa mengirim pesan suara dengan durasi sepuasnya. Bahkan kamu juga bisa mengubah kecepatan mendengarkannya lho.

Walau menjadi salah satu fitur favorit di WhatsApp, tapi fitur pesan suara juga dibenci banyak orang lho. Sebab kadang-kadang saat pengguna nggak sengaja melepaskan tombol rekam, rekaman suara akan langsung terkirim. Padahal sebenarnya si pengguna belum menyelesaikan kalimat yang ingin ia ucapkan.

Nah kamu sendiri pasti pernah atau bahkan sering mengalami kejadian menyebalkan seperti itu kan? Tenang, mulai sekarang kejadian tersebut nggak bakal terulang lagi.

Pasalnya baru-baru ini WhatsApp telah merilis fitur anyar berupa pratinjau pesan suara. Fitur ini bakal memungkinkan kamu mendengarkan hasil rekaman terlebih dahulu sebelum mengirimnya.

Saya pun iseng-iseng coba memeriksa fitur tersebut, apakah sudah ada di aplikasi WhatsApp milik saya atau tidak (btw, saya pakai WhatsApp Android). Ternyata sudah ada. Jadi seperti ini penampakannya.

Bagaimana cara menggunakan fitur Pratinjau Pesan Suara WhatsApp ini?

Untuk memanfaatkan fitur Pratinjau Pesan Suara, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon mikrofon di WhatsApp seperti biasa (seperti saat kamu mau bikin pesan suara). Setelah itu swap tombol ke atas (posisi tombol masih ditahan) untuk masuk ke mode perekaman hands-free.

Setelah selesai merekam suara, ketuk tombol berhenti yang ada di tengah. Kemudian klik tombol putar untuk melihat pratinjau pesan suaramu tadi. Kalau kamu sudah merasa puas dengan rekaman suara tersebut, kamu bisa tekan tombol kirim. Tapi kalau belum puas, kamu bisa menghapusnya.

Yah, boleh dibilang fitur ini memang bakal sangat membantu pengguna WhatsApp. Apalagi fitur pratinjau suara juga belum tersedia di aplikasi Meta lainnya – seperti Facebook Messenger atau fitur DM  Instagram -.

Tapi setidaknya baik Facebook Messenger atau DM di Instagram, mereka berdua memungkinkan pengguna untuk mengunci mikrofon. Jadi saat merekam suara, pengguna nggak perlu sambil menekan tombol seperti di WhatsApp. Hm mungkin ini yang masih perlu dievaluasi WhatsApp.

Sementara itu, fitur pratinjau pesan suara sudah mulai diluncurkan ke pengguna aplikasi Android dan iOS. Kalau kamu belum menemukan fitur anyar ini di aplikasimu, sabar dulu. Mungkin fitur tersebut akan menyambangimu dalam beberapa hari/minggu.

    %d blogger menyukai ini: