Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Fitur Samsung One UI 5 yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: Arena Digital
Indri Penulis

Samsung resmi mengumumkan berbagai fitur One UI 5 berbasis Android 13. Simak artikel ini untuk ketahui apa saja fitur menariknya.

Samsung memang diprediksi mengenalkan One UI 5 berbasis Android 13 tahun ini. Karena ini adalah perubahan besar dalam skin One UI, jadi nggak sedikit pengguna Samsung yang menaruh ekspektasi besar pada One UI 5.

Lalu apa saja fitur baru yang disajikan oleh One UI 5? Serta apa saja perubahan yang disajikan oleh skin Samsung berbasis Android 13 tersebut? Mari kita simak.

Daftar Fitur Baru Samsung One UI 5

Bixby Text Call

Fitur Bixby Text Call memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Dengan Bixby Text Call, pengguna bisa menjawab panggilan telepon cuma dengan mengetik pesan.

Bixby Text Call akan mengubah teks menjadi audio. Kemudian fitur ini akan membagikannya langsung dengan penelepon di telepon atas nama pengguna. Setelah itu, Bixby Text Call akan menunjukkan kepada pengguna apa yang dikatakan penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Rutinitas

Apa yang dibutuhkan dari ponsel bisa berubah setiap harinya. Misalnya fitur yang dibutuhkan untuk rutinitas pagi, mungkin nggak sama dengan apa yang dibutuhkan untuk fokus kerja.

Sementara fitur One UI 5 Mode memungkinkan pengguna membuat pengaturan perangkat khusus. Pengaturan ini bisa diaktifkan ddengan menekan tombol atau secara otomatis memicu pada waktu yang sudah ditentukan.

Misalnya ketika kamu olahraga, kamu bisa membisukan notifikasi supaya bisa tetap ada konsentrasi dan memutar musik. Atau saat kamu tidur, kamu bisa bikin pengaturan untuk mematikan suara dan mengaktifkan Dark Mode biar lebih gampang istirahat.

Wallpaper Video

One UI 5 hadir dengan Wallpaper Video dengan modul Lockstar Good Lock. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur klip pendek sebagai wallpaper di layar kunci. Pengguna juga bakal diberi akses ke pengaturan Wallpaper Video langsung di layar kunci.

Baca Juga:  Samsung Galaxy S23 Rilis Minggu Pertama Februari 2023, Pakai Snapdragon Semua

Nggak cuma itu, pengguna juga diberi kebebasan untuk mengubah model jam sampai menyesuaikan pop-up notifikasi di layar kunci.

Widget Smart Suggestion dan Stacked

Widget Smart Suggestion hadir untuk merampingkan tugas dan aktivitas seluler. Widget ini bisa bikin daftar aplikasi berdasarkan pola pemakaian dan konteks aktivitas seluler pengguna. Widget ini juga otomatis akan menyarankan aplikasi serta tindakan yang membuat pengalaman seluler jadi lebih unik. Lalu yang paling penting, aplikasi-aplikasi yang disarankan oleh Smart Sugestion bisa diakses langsung di layar beranda.

Sementara widget Stacked bakal menata layar beranda ponsel supaya tetap rapi. Dengan fitur baru ini, pengguna juga bisa menarik dan melepas widget di atas satu sama lain, serta menggeser ke kiri atau kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat serta mudah.

Ambil Teks dari Foto

Fitur yang nggak kalah menarik. One UI 5 turut menghadirkan fitur ambil teks dari gambar. Fitur ini memungkinkan pengguna mengekstrak teks dari gambar, lalu menempelkannya ke dalam cacatan. Contohnya saat ingin menyimpan nomor telepon dari kartu nama, mengambil teks detil acara dari sebuah poster dengan praktis, dll.

Connected Devices Menu

Fitur Connected Devices Menu di One UI 5 memungkinkan pengguna mengontrol semua perangkat yang terhubung ke ponsel satu dari satu tempat. Fitur ini bakal memberi pengguna akses ke fitur yang berfungsi ke perangkat lain seperti Smart View, Samsung DeX dan Quick Share.

Connected Devices Menu juga mendukung menu Autio Switch Buds. Sesuai namanya, menu ini memungkinkan pengguna secara otomatis ganti earbud yang terhubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Notifikasi Share Panel Baru

Sumber: Samsung News

Ketika pengguna berbagi media di One UI 5, pengguna juga akan melihat panel notifikasi baru bernama Share Panel. Panel ini akan mengingatkan pengguna, jika pengguna membagikan foto yang berisi informasi sensitif. Fitur ini cocok buat pengguna saat share banyak foto yang nggak disadari ternyata menampilkan KTP, SIM, atau identitas penting lainnya.

Baca Juga:  Yah Nggak Seru! Desain Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra Masih Sama

Itu dia berbagai fitur baru Samsung One UI 5. Dari beberapa fitur yang diboyong One UI 5 kali ini, fitur mana yang paling bikin kamu antusias?