Fitur Baru Messenger dan Instagram: Tema, Stiker, Pesan Suara, dll.

Facebook resmi mengenalkan fitur baru di Messenger dan Instagram. Seperti tema baru, stiker, fitur penanda pesan sudah dibaca, dll.

Beberapa fitur ini sifatnya berbeda-beda. Ada fitur yang khusus didatangkan buat Messenger, Instagram, dan ada pula beberapa fitur baru yang sifatnya universal alias tersedia bagi keduanya.

Dimulai dari fitur yang sifatnya universal dulu. Messenger dan Instagram kedatangan tema anyar yang didedikasikan buat penggemar ”Star Wars” dan “Selena: The Series.”

Untuk mengaktifkan tema ini, kamu cukup buka pengaturan pesan dan tapTheme.” Di sana kamu bisa temukan tema “Star Wars,” “Selena: The Series,” atau tema lainnya.

Stiker API Messenger – Sumber : Facebook Newsroom

Beralih ke fitur khusus yang ada di Messenger. Aplikasi perpesanan online ini mendapat stiker baru buat merayakan keragaman dan pengaruh penduduk Asia dan Kepulauan Pasifik (API). Lewat stiker ini, kamu bisa memberi dukungan buat komunitas API.

Stiker API Messenger Kids – Sumber : Facebook Newsroom

Messenger Kids juga dapat fitur yang sama. Cuma bedanya, stiker ini dibuat lebih ‘cute’ agar diminati anak. Menariknya lagi, di stiker ini anak-anak bisa tahu beragam kekayaan, tradisi, sejarah, sampai budaya unik yang ada di negara Asia dan Kepulauan Pasifik. Tersedia pula panduan referensi buat orang tua yang ingin mengedukasi anaknya soal ‘berbagai hal’ di stiker ini.

Messenger juga menghadirkan peningkatan pada pesan audio. Sekarang, kamu bisa melakukan handsfree dengan tombol tap-to-record. Jadi kamu tak perlu lagi menahan mikrofon tap-to-record seperti biasa (jadi lebih efisien deh). Oya, fitur ini rencananya juga bakal dihadirkan ke Instagram lho.

Terakhir, Messenger mengenalkan fitur Swipe to Archive. Fitur ini sangat cocok buat kamu yang tidak suka daftar chat dipenuhi pesan-pesan lama. Lewat fitur ini, kamu cukup swipe pesan dan ia otomatis akan diarsipkan.

Archived Chats Messenger – Sumber : Facebook Newsroom

Nah, setelah pesan diarsipkan, mereka bakal masuk ke folder Archived Chats. Selain untuk menyimpan arsip chat, folder ini juga bakal mempermudah kamu untuk menghapus obrolan lama. Untuk melihat chat yang diarsipkan ke folder ini, cukup ketuk foto profilmu dan pilih “Archived Chats.”

Visual Reply (Balasan Visual) Instagram – Sumber : Facebook Newsroom

Sementara buat Instagram, karena dia adalah platform yang fokus ke visual, maka Facebook memutuskan untuk menambahkan kemampuan mengirim balasan visual ke DM (berlaku buat Instagram iOS, Android menyusul). Balasan visual bisa berupa foto dan video yang kamu kirim dengan mengetuk ikon kamera.

Inbox Seen States Instagram – Sumber : Facebook Newsroom

Instagram kini juga punya fitur Inbox Seen States. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu cemas lagi  menunggu balasan dari gebetan (eh!), apakah sudah dibaca atau belum.

Fitur ini akan membuatmu mengetahui pesan mana yang sudah dibaca atau belum ‘hanya dari daftarnya’ saja. Berbeda dengan sebelumnya, kamu harus masuk dulu ke pesan untuk melihat pesan sudah dibaca atau belum. Sementara ini fitur Inbox Seen States baru ada di iOS, dan Android menyusul.

%d blogger menyukai ini: