Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Inilah Fitur Tersembunyi Mac yang Jarang Orang Tahu

Photo by Iewek Gnos

Meski pengguna produk MacBook sudah bisa dibilang sangat banyak. Namun tidak semua orang tahu fitur tersembunyi Mac ini. Mungkin bisa jadi kamu juga belum tahu fitur-fitu yang ini, karena memang bisa dikatakan fitur-fitur ini tidak lazim orang ketahui.

Fitur-fitur seperti penggunaan Airdrop, split view, maupun fitur-fitur umum yang lain mungkin sudah banyak yang tahu. Namun kali ini bisa jadi akan dapat lebih mengkreasikan atau mengoptimalkan penggunaaan MacBook kamu.

popculture.id

Menjadikan Ikon Folder Sesuai Keinginan Kamu

Pertama, pastikan Kamu memiliki gambar dengan format PNG. Tentu saja gambar yang kamu pilih bisa gambar apapun. Karena format PNG, gambar tersebut dapat kamu edit sesuka hati, termasuk menghilangkan background dari gambar.

Jangan lupa Copy gambar tersebut dengan kombinasi Command + C, atau bisa dengan klik kanan lalu pilih “Salin”.

Kedua, pilih ikon folder mana yang ingin Kamu rubah gambarnya. Disini saya mencontohkan menggunakan MacBook yang saya gunakan.

Ketiga, klik kanan pada folder dan kemudian pilih  “Dapatkan Info” atau jika berbahasa Inggris pilih “Get Info”.

Keempat, ketika sudah muncul jendela info folder, klik dua kali pada ikon folder. Kemudian paste yaitu dengan klik kombinasi Command+V.

Kemudian taraa, folder Kamu sudah berubah! (Mungkin Kamu perlu menunggu ketika folder berubah, beberapa detik).

Berikut hasil dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan. Ikon folders sudah berubah menjadi gambar yang diinginkan.

Sembunyikan Aplikasi yang berjalan / Aktif

Saat kamu menjalankan atau membuka aplikasi di MacBook, terkadang kita ingin segera menyembunyikan aplikasi yang sedang kita buka, maka fitur inilah yang kamu butuhkan.

Maka untuk melakukannya, kamu cukup menekan kombinasi COMMAND + H. Dengan begitu aplikasi kamu akan tersembunyi.

Papan Emoticon (Emoji)

Penggunakan emoticon di dalam keseharian chatingan sudah menjadi hal wajar dan umum digunakan. Bahkan penggunaan emot ini sudah bisa dikatakan wajib sebagai imbuhan dari apa yang sedang menjadi mimik wajah kita ketika menulis pesan.

Kamu harus tahu, bahwa dalam MacBook telah disertakan pintasan kombinasi untuk secara mudah mengeluarkan papan ketik emoji yang telah disediakan MacBook.

Agar kamu dapat mengeluarkan papan emoji ini, kamu perlu menekan kombinasi Control + Command + Spacebar. Maka setelah itu akan keluar papan emoji tersebut.

Pintasan Pencarian Spotlight (Spotlight Search)

Semkin tinggi MacOS yang digunakan, Spotlight semakin powerfull dengan beragam kegunaan. Melalui Spotlight inilah pengguna akan dapat secara praktis mencari dan melakukan banyak hal dengan praktis dan efisien, cukup dengan menulis kata kuncinya.

Membuka Spotlight yaitu dengan menekan tombol kombinasi Command+Spacebar, sehingga Spotlight akan muncul dan siap untuk digunakan. Praktis sekali bukan?

Lebih lanjut Kamu mungkin perlau memahi berbagai kegunaan dari Spotlight dan apa saja yang dapat dilakukannya agar Kamu semakin terbantu oleh fitu yang dimiliki Spotlight tersebut.

Fitur tersembunyi Mac memang sangat banyak tersedia. Namun tidak semua fitur sering digunakan oleh pengguna, tentu saja tergantung apa yang menjadi kepentingan dari pengguna tersebut.

Misalnya, bagi para pelajar biasanya, seperti mahasiswa, maka juga sering dijumpai penggunaan simbol-simbol khusus, sehingga pengguna seperti ini juga perlu memahami cara mengetik karakter khusus atau simbol di MacBook.

Semoga fitu-fitur yang telah dihadirkan dapat semakin membantu dan memudahkan pekerjaan kamu.

    %d blogger menyukai ini: