Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

TikTok Rilis Fitur “TikTok Now” yang Terinspirasi dari BeReal

Indri Penulis

TikTok umumkan fitur terbaru “TikTok Now” yang punya mekanisme mirip medsos BeReal. Kita lihat seperti apa penampakan fitur ini yuk.

Popularitas BeReal sebagai medsos berbasis ‘no tipu-tipu’ kian meroket. Hal ini lantas dimanfaatkan oleh pengembang media sosial lain buat bikin fitur yang ‘terinspirasi’ dari konsep BeReal.

popculture.id

BeReal sendiri adalah media sosial yang mewajibkan penggunanya memotret dirinya sendiri dari dua arah, yakni pakai kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Waktu pengambilan gambar bakal ditentukan oleh BeReal secara acak. Aplikasi ini sama sekali nggak pakai filter, jadi semua pengguna bisa melihat potret asli satu sama lain.

Beberapa waktu lalu sudah ada media sosial yang mulai mengerjakan fitur ala BeReal. Contohnya Instagram dengan fiturnya “IG Candid” yang sekarang sudah masuk tahap uji coba. Lalu Snapchat juga sempat mengenalkan fitur dual-kamera mirip BeReal, tapi tetap dengan sentuhan berbeda.

Pertengahan September ini, TikTok secara mengejutkan merilis fitur “TikTok Now.” TikTok Now adalah fitur yang punya konsep dan cara kerja mirip dengan BeReal.

Fitur TikTok Now akan mengirimkan notifikasi harian kepada pengguna. Notifikasi tersebut mengharuskan pengguna untuk mengambil gambar atau video pakai kamera depan dan balakang ponsel.

Berdasarkan gambar yang dibagikan oleh TikTok, fitur terbarunya itu punya semacam tab khusus di sebelah tombol beranda (ada di bawah aplikasi).

Layaknya BeReal, pengguna wajib memposting foto ‘moment-in-time’ mereka sendiri sesuai jadwal posting yang diberikan TikTok. Cuma bedanya, TikTok menambahkan kemampuan untuk posting video berdurasi 10 detik, bukan cuma gambar diam. Ini adalah kemampuan yang belum dimiliki BeReal sampai sekarang.

Sementara itu TikTok menjelaskan eksperimen pada TikTok Now akan tetap dilakukan selama beberapa minggu mendatang. Di Amerika Serikat, fitur yang mirip BeReal ini akan jadi satu dengan aplikasi utama. Sedangkan untuk negara lain, TikTok Now bisa jadi sebuah aplikasi terpisah.

    %d blogger menyukai ini: