Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur untuk Membuat NFT Instagram Segera Hadir, Kreator Bisa Jualan NFT!

membuat nft instagram
Sumber: Meta
Indri Penulis

Meta mengumumkan fitur untuk membuat NFT Instagram akan segera hadir. Kreator bakal bisa bikin dan jualan NFT langsung dari Instagram.

NFT memang sudah booming sejak tahun lalu, apalagi saat pandemi COVID-19 melanda di seluruh dunia. Demam NFT nggak cuma ada di luar negeri. Bahkan artis Indonesia sekelas Syahrini pun nggak mau ketinggalan mencoba peruntungan di bisnis NFT.

Pamor NFT saat ini mungkin sudah tak se-booming tahun lalu. Tapi sepertinya hal tersebut bukan alasan Meta untuk menghadirkan fitur NFT ke platform media sosialnya.

Baru-baru ini, Meta mengumumkan bahwa mereka beberapa perubahan di aplikasi Instagram dan Facebook. Dari semua pembaruan yang ada, fitur pembuat NFT di Instagram adalah yang paling menonjol.

Fitur untuk Membuat NFT Instagram Segera Datang!

Fitur ini punya fitur utama untuk membuat NFT di Instagram. Kreator yang memenuhi syarat bisa bikin NFT mereka langsung dari Instagram.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menjual NFT tersebut kepada penggemar. Penjualan NFT sendiri bisa dilakukan langsung dari Instagram, atau di luar platform Instagram.

membuat nft instagram
Sumber: Meta

Dengan pembaruan ini, kreator akan mendapat akses ke perangkat pembuat NFT. Kreator juga bisa memamerkan dan menjual NFT tersebut. Sedangkan untuk pembeli, mereka bisa membeli NFT langsung dari aplikasi Instagram Android dan iOS.

Apakah Instagram akan memotong penghasilan kreator NFT? Untuk saat ini, Instagram tidak memotong pendapatan dari kreator NFT. Tapi belum tahu apakah kebijakan tersebut cuma berlaku sementara atau tidak.

membuat nft instagram
Sumber: Meta

Di sisi lain Instagram juga telah menambahkan dukungan untuk blockchain Solana dan dompet Phantom. Sebelumnya sudah ada dukungan blockchain dan dompet digital seperti Raibow, MetaMask, Trust Wallet, CoinBase Wallet, Ethereum, Flow, dll.

Baca Juga:  Dapat Tekanan Publik, Instagram Bakal Balik Seperti "Instagram yang Dulu"

Selain itu, informasi koleksi digital tertentu dari OpenSea juga akan tersedia di Instagram. Beberapa informasi yang akan tampil di antaranya nama koleksi dan juga deskripsi.

Untuk sementara ini, Meta sedang menguji fitur pembuat NFT ke sebagian pengguna Instagram di AS. Meta berencana untuk memperluas uji coba ke lebih banyak negara di masa mendatang.

Layanan Berlangganan Instagram – Sumber: Meta

Oya selain pengumuman soal fitur pembuat NFT, Meta juga punya beberapa pembaruan lain. Meta kini telah memperluas langganan Instagram, pemberian hadiah di Instagram Reels, dan pembaruan Facebook Star.

Meta juga telah meluncurkan pengaturan fitur baru di Facebook. Pengaturan tersebut memungkinkan kreator membangun kehadiran publik, sambil mempertahankan akun pribadi mereka.

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar Instagram lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar update fitur baru, kabar terbaru, tren, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Fitur untuk Membuat NFT Instagram Segera Datang! – https://about.fb.com/news/2022/11/new-creators-tools-facebook-and-instagram/