Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPadOS 15: Fitur Baru dan Jajaran iPad yang Dapat Update Terbarunya

Indri Penulis

iPadOS 15 resmi dipamerkan dalam WWDC 2021. Penasaran apa saja fitur dan iPad yang kebagian update iPadOS 15?

Pembukaan WWDC 2021 telah dilaksanakan 7 Juni kemarin. Acara ini dipakai Apple buat mengenalkan beberapa OS anyarnya seperti iOS 15, watchOS 8, macOS Monterey, dan iPadOS 15.

Ngomong-ngomong soal iPadOS 15, tentunya bakal ada beberapa perubahan dan peningkatan yang terjadi di versi terbaru ini.

Kalau begitu, mari langsung saja kita simak apa saja fitur baru iPadOS 15 serta jajaran iPad yang dapat update OS terbaru ini.

Fitur Terbaru iPadOS 15

iPadOS 15 memang menawarkan beberapa perbaikan multitasking. Namun versi terbaru ini tak banyak membawa perubahan besar. Lalu apa saja itu?

Penerus iPadOS 14 ini menghadirkan homescreen yang lebih fleksibel. Kamu sekarang bisa menempatkan widget di mana pun sesuai selera. Berbeda dengan pendahulunya yang cuma bisa menempatkan widget di sidebar Today View.

Homescreen iPadOS 15 Lebih Fleksibel – Sumber : Apple

Versi teranyar ini juga punya App Library. Mirip iPhone, fitur ini membuatmu bisa membuat homescreen agar terlihat lebih rapi, yakni dengan menyimpan aplikasi yang jarang kamu pakai ke folder otomatis. Fitur tersebut bisa kamu temukan di Dock.

Kalau dari segi multitasking, iPadOS 15 mendapat beberapa penyempurnaan. Seperti adanya ikon baru yang membuatmu lebih mudah masuk ke mode tampilan terpisah (Split View dan Slide Over). Apple  menyebutnya fitur Shelf.

Fitur Shelf iPadOS 15 – Sumber : Apple

Lalu ada juga fitur Quick Notes yang bisa kamu gunakan untuk melampirkan catatan ke halaman web atau area iPadOS lainnya, serta aplikasi Translate yang kini tersedia secara mandiri di iPadOS.

Quick Notes – Sumber : Apple

Oya, iPadOS 15 juga kebagian fitur yang sama seperti di iOS 15 lho. Katakanlah seperti peningkatan signifikan pada FaceTime (termasuk akses FaceTime untuk Android dan Windows), fitur SharePlay, fitur Focus (untuk mem-fiilter notifikasi), Spotlight yang di-upgrade, upgrade Safari, sampai Live Text (untuk mendeteksi teks di foto).

iPadOS 15 juga menyajikan aplikasi Swift Playgrounds 4. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi iPhone dan iPad, lalu mengirimnya langsung ke App Store.

Swift Playgrounds 4 – Sumber : Apple

Masih ada lagi fitur baru dan peningkatan lain buat iPadOS 15 seperti Universal Control (pindah antara iPad dan Mac lewat 1 mouse/keyboard), Share with You, Photos (tampilan lebih interaktif), Maps (peta lebih detil dengan mode malam), Privacy (ditingkatkan), Siri (tambahan Announce Notification di AirPods), peningkatan iClouds+ dan fitur aksebilitas.

Baca Juga:  Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi dan CPO?

iPad yang Dapat Update iPadOS 15

  • iPad Pro 12.9-inch (generasi 1 -5)
  • iPad Pro 11-inch (generasi 1 – 3)
  • iPad Pro 10.5-inch
  • iPad Pro 9.7-inch
  • iPad (generasi 5 – 8)
  • iPad Mini (generasi 4 dan 5)
  • iPad Air (generasi 2 – 4)
update ipados 15 ipad