Pengguna Android dan Windows Bisa Pakai FaceTime – Ini Cara Aksesnya

Ada kejutan besar pada WWDC 2021 yang diselenggarakan Apple. Kini pengguna Android dan Windows juga bisa mengakses dan memakai aplikasi FaceTime. Hm, pastinya menarik melihat bagaimana caranya.

FaceTime merupakan aplikasi video call milik Apple yang tersedia di ekosistem mereka, baik di iOS, iPadOS, maupun di macOS. Jauh hari sebelum tren komunikasi video melanda di era pandemi COVID-19, FaceTime sudah terkenal sebagai aplikasi video call yang efisien.

Namun, seperti juga aplikasi Pesan Apple (iMessage), FaceTime selama ini hanya tersedia di perangkat Apple. Tidak heran aplikasi sejenis seperti Zoom, Google Meet dan Duo, atau bahkan WhatsApp lebih populer.

Melalui update iOS 15, iPadOS 15, dan juga macOS Monterey, Apple membuka kanal FaceTime. Sehingga pengguna yang pakai perangkat berbasis Android dan Windows bisa ikut ngobrol.

facetime di windows dan android

Akses FaceTime di Android dan Windows

Sayangnya, pengguna Android dan Windows belum bisa memanfaatkan aplikasi video call milik Apple ini secara aktif. Dengan kata lain, belum ada aplikasi FaceTime untuk Android atau Windows.

Untuk bisa mengaksesnya, pengguna perangkat non-Apple harus mendapat undangan dari pengguna iPhone, iPad, atau komputer Mac. Undangan itu berupa link website yang akan membuka FaceTime di browser pada perangkat bersangkutan.

Di aplikasi FaceTime, pengguna iPhone, iPad, dan Mac membuat link untuk percakapan video FaceTime. Kemudian mereka mengirim link itu kepada pengguna lain (bisa lewat email atau bahkan WhatsApp). Pengguna Windows dan Android yang menerima tinggal klik link itu dan bergabung di obrolan FaceTime lewat browser.

  • facetime di iphone dan android

Ada beberapa catatan lain yang layak diperhatikan. Pengguna perangkat Apple juga bisa membuat jadwal di kalender kapan video call akan berlangsung dan membagikan jadwal itu. Lalu pengguna Android dan Windows tidak membutuhkan akun Apple untuk bisa bergabung.

Apple juga menyebutkan kalau hubungan FaceTime antar perangkat ini akan selalu dienkripsi. Jadi obrolan berlangsung aman dan memiliki privasi penuh.

Yah, mungkin cara ini kurang memuaskan karena tidak ada aplikasi khusus. Toh, Google atau penyedia layanan sejenis juga melakukannya. Undangan link website memang lebih mudah karena hanya membutuhkan browser.

%d blogger menyukai ini: