Fitur Baru Instagram akan Minta Video Selfie Pengguna untuk Verifikasi Identitas

Instagram kabarnya tengah menguji coba fitur baru. Fitur ini akan meminta pengguna Instagram memberikan video selfie untuk verifikasi identitas.

Sudah bukan rahasia lagi kalau dari milyaran pengguna Instagram yang ada saat ini, sebagian dari mereka bukanlah manusia asli melainkan akun bot. Bahkan menurut riset yang dilakukan pada tahun 2018, dari 1 miliar dari pengguna Instagram, ternyata 95 jutanya adalah akun bot.

Instagram sendiri telah lama berjuang memerangi akun bot. Sebab akun-akun ini dapat meninggalkan pesan spam, melecehkan orang, dan bahkan bisa dipakai untuk meningkatkan jumlah like atau followers secara instan.

Namun sepertinya perjuangan Instagram dalam memerangi akun bot akan membuahkan hasil. Mereka rumornya telah menemukan cara jitu untuk memberantas akun bot.

Kabar ini pertama kali dibeberkan oleh konsultan media sosial, Matt Navarra. Navarra bilang kalau Instagram tengah menguji coba fitur yang akan meminta pengguna memberikan video selfie untuk verifikasi identitas. Matt Navarra juga sempat mengunggah hasil temuannya itu di Twitter lho.

Sementara menurut situs XDA-Developers, Instagram sebenarnya sudah menguji fitur tersebut sejak tahun lalu. Tapi pengujian mengalami masalah teknis.

Mungkin sekarang masalah tersebut sudah berhasil diatasi oleh Instagram. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa pengguna yang kebagian program uji coba.

Seperti yang kamu lihat dalam cuitan salah satu pengguna Instagram di atas, dia mengatakan kalau dirinya diminta mengambil video selfie untuk memverifikasi akun.

Sedangkan pemilik akun Twitter lain, Bettina Makatinal, juga memposting tangkapan layar yang hampir serupa. Bettina mengatakan kalau fitur ini akan membuat Instagram benar-benar melihat ‘seluruh sudut wajahnya,’ dan hal ini wajib dilakukan supaya Instagram percaya kalau dirinya manusia asli.

Sampai sekarang belum diketahui apakah fitur ini hanya perlu dipakai sekali saja (seperti verifikasi ulang), atau harus digunakan setiap kali pengguna ingin membuka Instagram. Selain itu, belum tahu juga kapan fitur ini akan diluncurkan.

%d blogger menyukai ini: