Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

watchOS 9 Sajikan Fitur Baru dan Tampilan yang Lebih Customable

Indri Penulis

Apple resmi kenalkan OS terbaru untuk Apple Watch, watchOS 9. OS watchOS 9 menyajikan berbagai fitur baru dan tampilan yang lebih customable.

Acara WWDC 2022 akhirnya resmi digelar. Dalam acara tersebut Apple mengenalkan berbagai produk baru mereka mulai dari hardware seperti jajaran MacBook 2022, sampai berbagai sistem operasi baru seperti iOS 16, iPadOS 16, sampai watchOS 9.

Sebelumnya saya telah mengupas tuntas tentang berbagai fitur baru yang disajikan oleh iOS 16 dan iPadOS 16. Sekarang saya gantian mau bahas soal berbagai fitur baru dan pembaruan yang dihadirkan Apple pada watchOS 9. Yuk langsung saja!

Deretan Fitur Baru yang Hadir di watchOS 9

Seperti biasa, watchOS 9 menampilkan tampilan jam baru. Setidaknya ada 4 wajah baru yakni Astronomi, Lunar, Playtime, dan Metropolitan.

watchOS 9 juga mendapat dukungan Siri UI baru. Sekarang kamu bisa menambahkan lebih banyak personalisasi pada tampilan jam, seperti mengedit warna latar belakang pada tampilan jam tertentu. Layaknya iOS 16, watchOS 9 juga memungkinkan kamu menyesuaikan layar mana yang kamu lihat selama mode fokus tertentu.

Apple juga menambahkan metrik lari baru seperti bentuk lari, panjang langkah, waktu kontak tanah, dan zona detak jantung. Fitur anyar ini cocok banget buat kamu yang menyukai latihan dengan intensitas.

Selanjutnya, watchOS 9 kini bisa melacak Cardio Recovery setelah Outdoor Walk, Run dan Hiking. Nanti kamu bakal mendapatkan notifikasi baru untuk setiap kecepatan, kekuatan, detak jantung, dan irama yang kamu peroleh setelah latihan.

watchOS 9 juga menyajikan fitur baru yang ditujukan untuk atlet triatlon, karena fitur tersebut memungkinkan kamu dengan cepat beralih antara bersepeda, berenang dan berlari. Tapi bicara soal berenang, watchOS 9 juga mengenalkan pendeteksi kickboard sehingga jam tangan bisa melacak waktu renang menggunakan kickboard.

Lebih lanjut, kamu sekarang bisa menggunakan digital crown untuk beralih di antara tampilan latihan. Sekarang kamu juga bisa membuat latihan khusus agar memiliki sesi yang lebih terstruktur.

Untuk pembaruan Fitness Plus, kamu sekarang bisa melihat panduan di layar untuk metrik tertentu. Termasuk intensitas dalam latihan kardio seperti HIIT, Cycling, Rowing dan Treadmill. Latihan Rowing akan mendapat satuan hitung pukulan per menit, Cycling akan mendapat satuan putaran per menit, khusus untuk pejalan kaki dan pelari akan mendapat satuan pengukurper tanjakan (incline). Terakhir buat yang punya Apple TV, sekarang kamu bisa melihat metrik di layar lewat streaming AirPlay.

Oya, watchOS 9 juga mendukung fitur Medications Reminders lho. Fitur ini bisa kamu akses lewat aplikasi Health. Fungsinya adalah memungkinkan kamu membuat daftar obat serta jadwal minumnya. Kamu juga bisa memindai obat untuk menambahkannya ke daftar. Menariknya, fitur ini juga membantumu mengetahui apakah salah satu obat yang kamu punya bisa bereaksi dengan obat lainnya atau tidak. Sayangnya untuk saat ini fitur tersebut baru tersedia di AS.

Gimana dengan pembaruan lainnya? Masih ada. Family Setup sekarang memungkinkan anak-anak mengakses aplikasi Home sehingga mereka dapat mengontrol speaker HomePod dan perangkat smart home lainnya. Untuk aksesibilitas, Apple mengenalkan Apple Watch Mirroring yang memungkinkan pengguna dengan keterbatasan fisik dan motorik untuk mengontrol smartwatch mereka dari jarak jauh.

Sementara itu, watchOS 9 akan kompatibel dengan Apple Watch 4 Series atau versi terbaru. Itu artinya, OS ini nggak berlaku buat Apple Watch 3 yang rilis tahun 2017 silam.

Nah dari fitur dan pembaruan di atas, kira-kira mana yang bikin kamu tertarik nih?

    %d blogger menyukai ini: