Apple Maps Akan Dapat Fitur Seperti Waze di iOS 14.5

Sebuah fitur menarik muncul di iOS 14.5. Kelihatannya nanti aplikasi Apple Maps di iPhone akan mendapat fitur seperti di Waze yang bersifat sosial.

Fitur itu adalah berbagi informasi kondisi lalu lintas, seperti kecelakaan, kondisi bahaya, dan titik cek kecepatan dalam rute perjalanan. Laporan seperti ini lah yang membuat aplikasi Waze populer.

Nantinya, ketika kamu memasukkan alamat, memilih rute, dan mulai perjalanan, Siri akan memberitahu kalau kamu bisa melaporkan kecelakaan dan kondisi bahaya yang kamu temui selama perjalanan.

Lalu, jika kamu menggeser layar ke atas pada tampilan detil peta, kamu bisa menekan tombol ‘Laporkan.’ Dengan begitu kamu bisa menandai kecelakaan, kondisi bahaya, atau tempat cek kecepatan.

laporan seperti wze di apple maps

Ketika kamu memilih salah satu tombol, kondisi itu akan segera dilaporkan. Tidak ada pop-up pemberitahuan atau konfirmasi lain. Jadi, jangan sampai salah. Kasihan pengemudi lain.

Selain itu, kamu juga bisa berbagi melalui Siri. Dengan perintah suara itu, Siri akan mengirim laporan ke aplikasi Apple Maps. Kalau ada cukup banyak pengguna yang lapor, kondisi lalu lintas itu akan muncul di peta.

Di samping aplikasi Apple Maps di iOS 14.5, fitur berbagi kondisi jalan seperti Waze ini nampaknya juga muncul di CarPlay pada kendaraan yang mendukung.

Layak dicatat, fitur ini belum muncul di semua pengguna 14.5 saat ini. Lalu tergantung juga pada wilayah tempat penguna berada.

Saat ini aplikasi Google Maps masih meraja untuk urusan mencari lokasi dan arahan. Sementara Waze mengikuti. Toh menarik melihat Apple berusaha menyamakan fitur yang sebelumnya sudah ada di dua aplikasi pendahulunya itu.

%d blogger menyukai ini: