Cara Buat Rute Google Maps Dengan Banyak Tujuan (Kalau Butuh Mampir)

cara menggunakan google maps gps

Menggunakan Google Maps sebagai arahan perjalanan ke suatu tujuan cukup mudah dilakukan. Tapi bagaimana kalau kamu perlu mampir ke tempat lain lebih dulu? Berikut ini cara membuat rute Google Maps tambahan dengan banyak tujuan (kalau kamu butuh mampir-mampir).

Anggaplah kamu pergi berlibur di sebuah kota yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu ingin mencari tempat makan enak, tapi perlu mampir ke apotek. Karena kamu tidak tahu lokasi yang tepat, kamu pun membuka Google Maps.

Tentu saja, kamu bisa melakukannya satu persatu. Memakai arahan ke apotek dulu, kemudian membuat rute baru ke tempat makan. Namun kenapa tidak membuat rute dengan banyak tujuan sekaligus? Yuk kita coba.

BACA JUGA
Gunakan Peta Offline di Google Maps Agar Lebih Praktis

Menambah tujuan di Google Maps

  1. Buka dan cari salah satu tujuan di Google Maps.
  2. Tekan tombol ‘Petunjuk Arah‘ alias ‘Directions‘.
  3. Kamu akan melihat rute dari lokasimu saat itu ke tujuan. Tekan tombol elipsis di samping ‘lokasi kamu’.
  4. Pilih ‘Tambah Perhentian‘ alias ‘Add Stop‘.
  5. Tekan kotak ‘Tambah Perhentian‘.
  6. Cari dan pilih tujuan baru.
  7. Atur rute — mana tujuan yang ingin lebih dulu kamu capai — dengan menggeser salah satu tujuan ke atas/bawah.
  8. Tambah tujuan lain bisa perlu (ulang dari langkah nomor 5). Kalau sudah, tekan tombol ‘Selesai‘.
  9. Sekarang kamu sudah punya rute Google Maps dengan dua tujuan. Silakan melakukan perjalanan dengan menekan tombol ‘Mulai‘ (‘Start‘).
rute tambahan google maps

Tambah perhentian kalau ingin mampir

rute google maps banyak tujuan

Atur rute dengan tujuan sesuai keinginan

Kamu juga bisa memilih menggunakan kendaraan apa. Apakah mobil, motor, atau kendaraan umum? Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti petunjuk arahan Google Maps.

Ketika kamu sampai di tempat tujuan, kamu bisa memberitahu Google Maps. Kemudian aplikasi peta ini akan menampilkan rute perjalanan ke tujuan selanjutnya. Begitu seterusnya.

BACA JUGA
Menggunakan Daftar Lokasi Google Maps sebagai Rekomendasi Tempat Favorit

Sekedar berbagi cerita, saya pernah sudah sampai tujuan lalu membuka aplikasi lain sehingga Google Maps ada di latar belakang. Saya lupa menandai kalau sudah sampai. Setelah selesai di tujuan itu, saya tidak sengaja membuka ulang aplikasi. Padahal sudah pergi dari tempat pertama.

Google Maps kembali mengarahkan saya ke tujuan pertama (padahal sudah lewat). Yang saya lakukan adalah membuka menu petunjuk arah (ikon), dan memilih ‘Buang perhentian selanjutnya‘. Google Maps langsung menyesuaikan petunjuk arah ke tujuan berikutnya (kedua).

hapus tujuan di google maps

Hapus tujuan selanjutnya di Google Maps

Nah, demikianlah cara membuat rute Google Maps dengan banyak tujuan. Jelas sangat berguna kalau kamu melakukan perjalanan dan butuh mampir-mampir. Dengan begitu kamu lebih bisa memperkirakan waktu dan efisiensi perjalanan. Selamat mencoba.

Ada komentar?