Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Fitur WhatsApp Business yang Ampuh untuk Usaha, Wajib Coba!

fitur whatsapp business
Sumber: Verloop
Indri Penulis

Ada beberapa fitur WhatsApp Business yang ampuh untuk usaha. Cobain beberapa fitur ini biar bisnis makin cuan dan managemen lebih efisien.

WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis tentu sudah tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Aplikasi yang satu ini telah digunakan jutaan pebisnis di Indonesia untuk menjalankan bisnisnya.

By the way, ngomongin soal WhatsApp Business, aplikasi ini jelas sudah dibekali banyak fitur penunjang bisnis. Tapi dari berbagai fitur bisnis yang ada, ada beberapa fitur WhatsApp Business yang sangat ampuh untuk usaha.

Kalau kamu benar-benar mau mengembangkan bisnis pakai WhatsApp Business, jangan sampai lewatkan artikel ini. Karena kali ini saya akan membocorkan beberapa fitur WhatsApp Business yang ampuh untuk usaha.

5 Fitur WhatsApp Business yang Ampuh untuk Bisnis

WhatsApp Business adalah alat yang sangat kuat untuk aktivitas perdagangan. Berkat banyak fitur baru yang terus dirilis oleh platform, WhatsApp Business bisa jadi tempat ritel yang hebat.

Baiklah kalau begitu, mari kita kenalan lebih dekat fitur WhatsApp Bisnis yang sangat ampuh untuk usaha!

Profil Bisnis

Sebagai pebisnis, memiliki profil bisnis tentu sangat penting. WhatsApp Bisnis punya yang namanya Profil Bisnis. Fitur ini bisa dimanfaatkan pemilik bisnis untuk memberikan berbagai informasi ke pelanggan.

svg%3E
Sumber: Bots Crew

Apa saja informasinya? Contohnya seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, situs website, dll. Bisa dibilang, Profil Bisnis bisa memberi perusahaan ‘wajah’ dan identitas yang lebih familier.

Selain itu, Profil Bisnis juga menyajikan fitur centang “Terverifikasi” di samping nama perusahaan. Tapi untuk mendapatkan tanda tersebut, akun bisnis sudah harus diverifikasi WhatsApp terlebih dulu.

Quick Replies

Saat kamu mengubungi penjual online via WhatsApp, kamu pernah nggak melihat pesan seperti ini:

Baca Juga:  Fitur WhatsApp Picture in Picture Resmi Hadir untuk Panggilan Video

Hai Kak, selamat datang di Indry Store. Ada yang bisa kami bantu? Tunggu balasan dari Admin yah. Dimohon untuk tidak spam chat agar tidak tertimbun pesan lainnya.

svg%3E
Sumber: Bots Crew

Jadi contoh di atas adalah adalah hasil akhir dari fitur Quick Replies. Fitur tersebut hadir untuk menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat. Cukup tekan “/” di keyboard untuk memilih balasan cepat lalu kirim.

Catalogs & Collections

Fitur lain yang bermanfaat untuk bisnis adalah “Catalogs” atau “Katalog.” Fitur ini memungkinkan bisnismu memamerkan produk yang dijual. Dengan begitu kustomer bisa lebih mudah melihat-lihat produk yang ingin mereka beli.

svg%3E
Sumber: Bots Crew

WhatsApp Business juga punya fitur “Collections” atau “Koleksi.” Fitur ini bertindak sebagai folder untuk mengelompokkan item di dalam akun bisnis. Pengguna juga bisa langsung menavigasi ke kategori yang mereka cari, tanpa scroll semua daftar produk.

List Messages

List Messages atau Daftar Pesan intinya adalah format ‘pesan daftar.’ Di fitur ini kamu bisa menambah sampai 10 produk yang nanti bisa dipilih kustomer.

fitur whatsapp business
Sumber: Bots Crew

Kustomer hanya perlu melihat-lihat produk yang ada di daftar. Kalau sudah menemukan produk yang cocok, mereka tinggal klik tombol tersebut. Kustomer jadi nggak perlu mengetik pesanan secara manual.

Interactive Business Messages

Fitur yang satu ini bisa kamu pakai untuk memasukkan tombol interaktif untuk kustomer. Tombolnya sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis yakni:

fitur whatsapp business
Sumber: Bots Crew
  • Quick Fast: Tombol ini memungkinkan pengguna menjawab pertanyaan dengan opsi yang sudah ditentukan penjual. Jadi pengguna nggak perlu mengetikkan jawaban mereka secara manual.
  • CTA: Saat mengklik tombol tersebut, kustomer akan diarahkan ke halaman web tertentu atau melakukan panggilan.
Baca Juga:  WhatsApp Resmi Menguji Coba Fitur Komunitas untuk Aplikasi Android

Yak, itu dia 5 fitur WhatsApp Business yang sangat ampuh untuk usaha. Fitur-fitur di atas tidak hanya bisa menunjang usaha, tapi juga bikin bisnismu bisa berjalan lebih cepat. Kamu pilih saja fitur-fitur di atas sesuai kebutuhanmu.

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar WhatsApp lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • https://botscrew.com/blog/whatsapp-business-new-features/