Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur YouTube Live Q&A Resmi Hadir, Bisa Tanya Jawab ke Penonton Pas Live

youtube live q&a
Sumber: PCMag
Indri Penulis

Fitur YouTube Live Q&A resmi diluncurkan. Sekarang YouTuber bisa bikin sesi tanya jawab kepada penonton, langsung saat siaran langsung dimulai.

YouTube semakin di depan. Ya, itu bukan ungkapan hiperbola untuk mengagungkan YouTube. Tapi memang kenyataannya bisa dibilang begitu.

Akhir-akhir ini YouTube rajin banget mendebutkan fitur baru. Contohnya beberapa waktu lalu YouTube resmi meluncurkan fitur Shorts untuk TV. Fitur tersebut menghadirkan tampilan video Shorts yang lebih eye-catching di layar jumbo.

Sekarang YouTube kembali lagi menghadirkan fitur baru. Fitur YouTube Live Q&A namanya. Kamu mungkin masih asing dengan fitur yang satu ini. Makanya kali ini saya akan mengupas tuntas soal fitur YouTube Live Q&A.

Apa Itu Fitur YouTube Live Q&A?

Live Q&A adalah fitur yang memudahkan konten kreeator berinteraksi dengan penonton selama siaran langsung. Saat kreator mengaktifkan fitur tersebut, permintaan Q&A akan muncul sebagai pesan yang di-pin di chat.

Penonton kemudian bisa mengirimkan pertanyaan mereka. Lalu kreator bisa memilih salah satu pertanyaan dan menyematkannya. Dengan begitu, penonton bisa tahu pertanyaan mana yang ditanggapi oleh kreator.

Sebelum adanya fitur ini, kreator sebenarnya bisa saja menanggapi pertanyaan yang diajukan penonton selama siaran langsung. Hanya saja, kreator harus memilah pertanyaan secara manual dari komentar selama siaran langsung.

youtube live q&a
Sumber: Google

Dengan adanya fitur Q&A, proses pemilahan pertanyaan bisa berjalan dengan mudah. Kreator nggak perlu mencari komentar satu per satu di kolom komentar.

Selain itu fitur Q&A juga akan menampilkan pertanyaan secara terorganisir. Pertanyaan akan diurutkan secara kronologis. Itu artinya, pertanyaan yang diajukan pertama kali bakal muncul di bagian atas.

Fitur ini memang tidak membatasi jumlah maksimum pertanyaan yang diizinkan. Tapi pertanyaan pertama dalam daftar tidak akan muncul lagi, tepatnya setelah 200 pertanyaan selesai diajukan.

Baca Juga:  Inilah 3 Tips dan Cara Pakai YouTube Secara Anonim

Sementara itu, pertanyaan yang diajukan lewat fitur Q&A akan dikelola langsung oleh sistem khusus. Ini adalah sistem yang juga biasa dipakai untuk memoderasi live chat.

Tapi ada yang perlu diketahui. Moderator tidak bisa mengelola pertanyaan dalam Q&A. Pengguna dengan izin saluran Pengelola / Editor lah yang akan bisa mengelola daftar Q&A. Itu artinya mereka bisa melihat daftar, memilih dan menghapus pertanyaan.

Di sisi lain, peluncuran fitur YouTube Live Q&A adalah upaya baru platform mera untuk bersaing dengan TikTok. Seperti yang kita tahu, TikTok selama ini memiliki fitur Q&A khusus untuk siaran langsung.

Mau ini strategi YouTube untuk menyaingin TikTok atau apapun itu, yang jelas fitur YouTube Live Q&A sangat penting. Bayangkan kalau kreator harus mencari pertanyaan di antara puluhan ribu komentar, apa yang nggak pusing? Setuju nggak?


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]