Zoom Punya Fitur “Zoom Apps” – Bisa Buka Aplikasi Lain Saat Rapat

Zoom sekarang punya fitur baru bernama “Zoom Apps.” Lewat fitur ini kamu bisa buka aplikasi lain saat rapat, langsung dari Zoom.

Zoom mulai melebarkan sayapnya. Tak hanya platform teleconference biasa yang cuma bisa dipakai rapat online, kini Zoom juga bisa dipakai buat mengakses aplikasi dan game lain.

Lewat fitur Zoom Apps, Zoom mencoba menghadirkan semacam toko aplikasi ke dalam platform-nya. Boleh dibilang, fitur ini cukup mirip dengan Play Store dan App Store. Hanya saja, dia menggabungkan aplikasi favoritmu dengan fitur meeting online dalam satu platform (bukan cuma toko aplikasi biasa).

Di Zoom Apps kamu nggak cuma bisa meeting online seperti biasa. Saat meeting berlangsung, kamu bisa membuka aplikasi atau main game tanpa perlu keluar dari rapat. Jadi artinya, kamu bisa melakukan banyak aktivitas sekaligus di Zoom.

Bicara soal aplikasi pihak ketiga yang ada dalam Zoom Apps, setidaknya ada lebih dari 50 aplikasi (termasuk game) yang ada di dalamnya. Katakanlah seperti Asana, Dropbox Spaces, Dot Collector,Funtivity, Pexel, SurveyMonkey Enterprise, dll.

fitur zoom apps
Sumber : Zoom Blog

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, kamu harus menggunakan Zoom versi terbaru. Kalau sudah pakai versi terbaru, buka Zoom dan klik tabApps” di klien desktop/bilah alat Zoom Meeting. Selanjutnya, klik “Find” untuk melihat daftar Zoom Apps yang tersedia dan tambahkan aplikasi favoritmu.

Khusus buat beberapa akun, mereka membutuhkan admin untuk mengaktifkan ikon Zoom Apps terlebih dulu di pengaturan akun. Supaya nanti ikon Apps bisa terlihat di klien desktop dan bilah alat rapat.

Oya, kamu juga bisa pergi ke Zoom App Marketplace untuk mencari aplikasi lain lho. Kalau sudah ketemu aplikasi favorit di sana, kamu bisa menambahkan aplikasi pilihanmu itu ke Zoom Apps. Aplikasi yang kamu tambahkan tadi bisa dilihat di tabMy Apps.”

Buat pemakaian Zoom untuk perusahaan, admin TI perusahaan bisa mengontrol bagaimana Zoom Apps dipakai di seluruh organisasi, lewat pengaturan admin. Biasanya, anggota lain harus mendapatkan pra-persetujuan dari admin sebelum bisa menambahkan Zoom Apps tertentu.

Itu tadi sekilas tentang Zoom Apps. Selain menghadirkan Zoom Apps, Zoom baru-baru ini juga menghadirkan Zoom Event. Apa itu?

Zoom Event adalah fitur yang bakal membantumu menyelenggarakan acara virtual. Misalnya kamu bisa membuat hub yang memberikan ddetil tentang acara, serta mengatur obrolan di hub. Kamu juga bisa menjual tiket lewat Zoom Event, dan Zoom nggak akan ‘minta jatah’ dari hasil penjualan tersebut.

Rencananya, Zoom juga bakal menawarkan OnZoom, yakni platform event yang dirancang untuk pembuat acara berskala kecil. Seperti biasa, fitur ini akan diluncurkan dalam versi beta lebih dulu. Untuk kapan waktunya, Zoom belum mengatakannya.

%d blogger menyukai ini: