Zoom Akan Rilis Platform Acara Virtual ‘Zoom Events’

Zoom meraih kepopulerannya sebagai sarana panggilan dan konferensi video online ketika pandemi Covid-19 melanda. Kini Zoom bergerak maju untuk membuat platform acara virtual yang mereka sebut sebagai ‘Zoom Events.’

Kondisi pandemi ternyata memunculkan aspek menarik di dunia internet. Berbagai acara yang tadinya offline beralih menjadi online. Ternyata acara online ini juga memberikan peluang dan manfaat tersendiri. Boleh dibilang pandemi Covid-19 berhasil mendorong teknologi dan kultur internet ke tahap berikutnya, yaitu interaksi virtual yang lebih baik.

Platform acara virtual ini sebenarnya sudah pernah mereka umumkan sebelumnya. Saat itu mereka memakai nama ‘OnZoom‘ dan menyebutkan kalau pengguna bisa menjual tiket untuk “masuk” ke acara yang ada di sana. Fitur ‘OnZoom’ sudah melalui tahap uji coba alias beta.

Zoom Events

Melalui blog resmi, Zoom mengumumkan kalau mereka membuat satu wadah untuk semua acara virtual sebagai solusi yang lebih baik. Fitur ‘OnZoom’ nantinya akan masuk ke dalam ‘Zoom Events’ sehingga semua lebih selaras.

platform acara virtual zoom events

Zoom juga menyebutkan apa saja yang tersedia di platform ‘Zoom Events’ ini.

  • Pelaku bisnis bisa membuat sebuah pusat kegiatan (hub), tempat semua aktivitas virtual mereka terdaftar lengkap dengan informasi acara masing-masing.
  • Pemilik acara (host) bisa membuat acara multi-sesi, lengkap dengan “lobby” tempat audiens bisa berinteraksi satu sama lain.
  • Pemilik acara bisa membuat pendaftaran beserta tiket untuk audiens, dan bisa melacak perkembangannya.
  • Memungkinkan perusahaan membuat acara internal (untuk karyawan) dan eksternal (untuk publik).
  • Memungkinkan perusahaan mengelompokkan acara internal sesuai kategori dan membuatnya mudah ditemukan oleh karyawan.

Sampai artikel ini ditulis, Zoom belum memberikan informasi lebih jauh mengenai ketersediaan platform ‘Zoom Events.’ Yang pasti, platform acara virtual seperti ini merupakan potensi besar di dunia internet.

%d blogger menyukai ini: