fortnite battle royale mobile

Fortnite Untuk Android Tidak Tersedia Di Play Store [UPDATE]

Fortnite Android hampir tiba. Beberapa rumor sudah beredar. Yang terbaru menyebutkan kalau ada kemungkinan Fortnite untuk Android tidak tersedia melalui Play Store. Hal ini sudah mendapat konfirmasi [UPDATE].

Bulan Mei lalu Epic Games mengumumkan rencana rilis Fortnite untuk Android. Bersamanya hadir juga daftar handphone yang bisa memainkannya. Biasanya, beberapa permainan yang akan dirilis akan muncul di Play Store dalam versi uji coba alias versi beta.

Namun, rekan-rekan XDA Developers menemukan hal berbeda. Mereka melihat halaman situs Fortnite Mobile lebih dalam. Di sana terdapat instruksi cara mengunduh dan memasang game Fortnite Mobile di Android.

instruksi install fortnite untuk android
Instruksi instalasi Fortnite untuk Android dari situs web (foto: XDA Developers)

Di dalam deskripsi situs tertulis deskripsi “Unduh dan pasang Fortnite melalui browser-mu”. Di sana juga terdapat gambar dengan alamat yang menunjukkan deskripsi Fortnite Android.

Seorang Redditor dengan username u/thesbros berhasil membuat gambar itu tampil dan menunjukkan apa yang ada di dalamnya. Memang, di sana ada instruksi “Download and install Fortnight through your browser” dengan tombol ‘Get Started’.

Kemudian proses itu berlanjut ke halaman download yang menunjukkan instruksi “Once you download, you will be prompted with some security permissions. This is necessary to install any app outside of the Play Store” (setelah berhasil mengunduh, kamu akan diminta memberi beberapa ijin keamanan. Hal ini diperlukan untuk aplikasi yang dipasang dari luar Play Store).

halaman download fortnite android
Halaman download Fortnite Android (foto: u/thesbros | Reddit)

Hal ini sangat menarik. Saat ini Fortnite adalah game gratis yang paling sukses. Dalam 10 hari di awal musim ke-5, pendapatan Epic Games mencapai jumlah $2 juta per hari. PER HARI! Gila.

Pendapatan itu merupakan hasil dari pembelian dalam aplikasi. Namun, Epic harus menyetor 30% pendapatan ke Apple karena begitulah peraturan App Store. Di sisi lain, Android mengijinkan penggunanya untuk memasang aplikasi atau game yang bukan dari Play Store. Hal ini memberi kesempatan Epic untuk mendapat semua keuntungan yang mungkin diraih.

Yang tidak kalah menarik, beberapa orang sempat menemukan sebuah halaman yang dicurigai sebagai halaman game ini di Play Store. Walau tidak bisa diakses oleh umum, memang alamat halaman tersebut menyebutkan Fortnite.

Rumor juga menyebutkan kalau Fortnite untuk Android akan menjadi fitur eksklusif di Samsung Galaxy Note 9 selama 30 hari. Kalau benar begitu, kita lihat saja apa yang akan muncul saat itu.

UPDATE: Konfirmasi Epic Games

Tim Sweeney, founder Epic Games, sudah memberi konfirmasi mengenai hal ini. Lewat sebuah wawancara dengan Eurogamer, ia memastikan kalau Fortnite untuk Android dipasang dari situs resmi bukan dari Play Store.

Seperti yang bisa dilihat di bocoran itu, proses instalasi Fortnite untuk Android akan menggunakan APK. Pemain akan diminta memberi ijin keamanan untuk bisa memasang aplikasi dari luar Play Store. Setelah itu, Fortnite bisa dimainkan seperti game lain dari Play Store.

On open platforms like PC, Mac, and Android, Epic’s goal is to bring its games directly to customers.

Tim Sweeney menyebutkan bahwa untuk platform yang lebih terbuka, seperti PC, Mac, dan Android, Epic ingin membawa permainan mereka langsung ke konsumen. Ia juga mengakui bahwa Epic menghindari “setoran” sebesar 30% ke bursa aplikasi. Ia menyebutkan jumlah itu akan lebih baik dialokasikan untuk pengembangan game. Ia bahkan akan melakukan itu untuk iOS kalau App Store memungkinkannya.

Founder Epic Games ini juga menyinggung masalah perangkat yang bisa dipakai. Tim menyebutkan kalau Fortnite membutuhkan smartphone high-end Android. Alasannya adalah Fortnite membawa pengalaman bermain sekelas PC dan konsol.

More Stories
android app switcher
Perlukah Membersihkan RAM di Handphone Android dengan Memory Cleaner?