Foursquare Baru Hadir di Windows Phone

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu Foursquare memisahkan fungsi check in menjadi aplikasi terpisah, yaitu Swarm. Sejak itu sudah terdengar kabar kalau bakal ada redesign untuk aplikasi Foursquare sendiri. Akhirnya, aplikasi Foursquare baru ini hadir di Windows Phone.

Sesuai fungsinya yang baru, yaitu sebagai aplikasi referensi lokasi, Foursquare versi 4.0 ini dimulai dengan memilih kriteria tempat yang kita suka. Bisa jenis makanan, bisa suasananya, atau lainnya. Kemudian, aplikasi ini akan menampilkan beberapa rekomendasi tempat. Baik berdasar kriteria yang sudah kita pilih tadi, berdasar rekomendasi teman-teman, atau memang karena populer.

Karena Foursquare sekarang lebih fokus pada rekomendasi tempat, user juga didorong untuk memberikan tips. Jadi saat ada yang berkunjung, bisa melihat testimoni atau tips dari pengguna lain.

Memang fungsi semacam ini juga sudah ada dulu. Tapi bias dengan fungsi check in dan tetek bengek jejaring sosial lain, termasuk rebutan mayor dan mencari badge. Fungsi jejaring sosial berbasis rekomendasi inilah yang kemudian diutamakan di Foursquare, sementara kegiatan jejaring sosial lain dialihkan ke Swarm.

Terus terang menurut saya, tampilannya masih agak ribet. Penuh sesak. Yah, memang banyak informasi yang mau ditampilkan. Mungkin seiring berjalannya waktu akan lebih baik.

Bicara soal informasi, di tiap halaman tempat tentunya bisa dilihat informasi yang bersangkutan. Alamat, nomer telpon, perkiraan waktu berkendara, dll (sejauh informasi tersebut tersedia). Bisa juga dilihat tips dari pengguna lain, foto, berapa orang yang pernah singgah (check in), dll. Bicara soal rekomendasi, selain meninggalkan tips, kita juga bisa memilih apakah kita menyukai tempat tersebut atau tidak.

Lucunya, ada sedikit perbedaan dari Foursquare lama dari sisi fungsionalitas. Kalau dulu, saat kita tap alamat, kita akan dilarikan ke peta bawaan Windows Phone. Di sisi lain, ada pilihan use app untuk arahan yang akan membawa kita ke HERE Drive (kalau ter-install). Entah kenapa, sekarang semua menggunakan peta bawaan Windows Phone. Lalu, lokasi yang sebelumnya saya pin (dengan Foursquare lama) di start screen, supaya bisa dapat arahan cepat, tidak berfungsi lagi. Kelihatannya aplikasi Foursquare baru ini belum mendukung tile untuk tempat yang spesifik.

Tentunya bukan jejaring sosial namanya kalau tidak menampilkan profil pengguna. Selain informasi khas Foursquare biasanya, kini juga ada tampilan expertise (keahlian/pengalaman), tips yang diberikan, dan pilihan kriteria. Selain itu kita juga masih bisa menghubungkan jejarinf sosial lain dan memilih siapa yang mau kita follow.

Sejauh ini, saya masih belum terlalu familiar Foursquare baru. Masih belum fungsional, terutama untuk pengguna Windows Phone. Anyway, Foursquare baru ini berjalan di Windows Phone 8.1. Walau konon berjalan di semua versi Windows Phone. Kalau ada yang bisa mengkonfirmasi, silakan berbagi di kolom komentar.

    %d blogger menyukai ini: