Bisa Dipakai Donasi, Begini Cara Galang Donasi Via Fitur Instagram Reels

Indri Penulis

Instagram meluncurkan fitur untuk galang donasi di Reels. Simak artikel ini untuk mengetahui cara galang dana donasi di fitur Instagram Reels.

Sebagai manusia, kita pasti paham kalau nggak semua orang hidup berkecukupan. Di luar sana, ada banyak orang yang hidupnya jauh dari kata ‘layak.’ Maka dari itu, setiap donasi yang kita kucurkan pasti akan sangat membantu mereka.

Bicara soal donasi, aksi galang dana memang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Cuma bedanya karena zaman sudah semakin canggih, aksi galang dana nggak cuma bisa dilakukan secara door to door, tapi juga bisa dilakukan melalui berbagai platform media sosial.

Instagram adalah salah satunya. Sebagai raksasa media sosial di dunia, Instagram telah lama memiliki fitur donasi di platform mereka. Namun di tahun 2022 ini, Instagram kembali meluncurkan fitur donasi baru. Fitur baru ini memungkinkan pengguna melakukan galang donasi lewat Instagram Reels.

Fitur Galang Dana Donasi di Instagram Reels

Fitur galang dana di Instagram Reels diluncurkan Meta beberapa waktu lalu. Pengguna di lebih dari 30 negara sekarang bisa menggalang dana untuk lebih dari 1,5 juta LSM melalui Instagram Reels. Semua dana yang terkumpul akan langsung disalurkan ke lembaga nonprofit (Meta mengurus dan menutupi biaya pemrosesannya).

fitur donasi instagram reels
Sumber: XDA-Developers

Dalam pengumuman resminya, Meta, mengatakan bahwa fitur galang dana di Reels adalah bagian dari inisiatif untuk menangani perubahan iklim (yang juga bisa berdampak pada sektor ekonomi). Lewat fitur anyar ini pengguna Instagram bisa mengumpulkan dana atau menyumbang untuk mendukung tujuan tertentu.

Tapi perlu kita ketahui, sampai saat ini Meta hanya mengizinkan penggalangan dana untuk kepentingan kelompok tertentu. Mereka belum mengizinkan penggalangan dana untuk masalah pribadi.

Cara Menggunakan Fitur Donasi di Instagram Reels

Bagaimana cara menggunakan fitur donasi di Reels? Untuk memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Rekam Reels seperti yang biasa kamu lakukan.
  • Setelah itu klik tombol “Preview.”
  • Klik tombol “Next.”
  • Selanjutnya klik menu “Add Fundraiser.”
  • Pilih/telusuri organisasi nonprofit yang ingin kamu galangkan dana.
  • Edit detil penggalangan dana, dan tulis tujuanmu melakukan penggalangan dana.
  • Setelah semuanya siap, klik “Done > Share.”

Penggalangan dana lewat Instagram Reels diharapkan bisa mendorong lebih banyak orang untuk lebih peduli kepada sesama. Dengan mempertimbangkan popularitas Instagram, pengguna bisa mendapatkan akses ke fitur ini tanpa perlu mendaftar ke layanan tambahan/mengunduh aplikasi lain.

    %d blogger menyukai ini: