Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mengatasi Gambar Profil Apple ID Beda Antara iPhone dan Mac

Anom Penulis

Walau integrasi antar perangkat Apple berjalan baik, kadang ada kendala sepele yang muncul tapi mengganggu. Dalam hal ini misalnya, gambar profil Apple ID di iPhone dan Mac beda.

Secara teori, berada dalam satu ekosistem memungkinkan integrasi lebih mudah antar perangkat. Apa yang kita temui di perangkat satu juga ada di perangkat lainnya. Apalagi kalau ‘sekedar’ gambar profil. Harusnya sama.

popculture.id

Namun, ternyata masalah seperti ini bisa muncul. Sekali lagi, cuma masalah sepele. Tapi bisa cukup mengganggu. Karena jelas ada sesuatu yang tidak singkron di sana.

Lalu apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya?

gambar profil mac lock screen

Solusi Gambar Profil Apple ID Beda

Dalam hal ini jelas ada yang tidak singkron dari data yang ada. Untuk itu, kamu perlu menelusuri Apple ID dan aplikasi terkait secara tuntas. Bahkan juga platform lain jika terhubung.

Cek Apple ID

Cek Apple ID milikmu baik di iPhone maupun di Mac. Lihat apakah kamu menggunakan Apple ID yang sama atau tidak.

  • Di iPhone — Masuk ke Settings > Apple ID (bagian yang ada namamu)
  • Di macOS — Buka System Preferences > Apple ID

Kemudian cek apakah masing-masing perangkat terdaftar di Apple ID milikmu tersebut. Kalau salah satu tidak ada, ya jelas tidak terhubung.

Cek Akun Internet iCloud

iCloud jelas menjadi penghubung antara iPhone dan Mac. Seharusnya, Apple ID milikmu tercatat sebagai akun iCloud tersebut.

  • Di iPhone — Masuk ke Settings > Apple ID > iCloud
  • Di macOS — Masuk ke System Preferences > Apple ID > iCloud

Lalu, jangan lupa pastikan pula akses aplikasi ke akun iCloud milikmu itu. Terutama aplikasi Kontak dan Pesan (jika kamu pakai Memoji sebagai gambar profil).

Cek Aplikasi Kontak

Aplikasi Kontak bisa menjadi sumber masalahnya. Terutama pada ‘My Card‘ milikmu. Lalu, masalah juga bisa muncul jika kamu menggunakan akun platform (email) lain untuk menyimpan kontak (misalnya kontak utamamu kamu arahkan ke Gmail atau Outlook).

Kalau kamu menggunakan iCloud sebagai basis penyimpanan kontak, kamu mungkin tinggal membuat ‘My Card’ dan masalah akan selesai.

Tapi jika kamu menggunakan platform lain sebagai penyimpanan kontak (Gmail atau Outlook), pastikan kamu menyimpan datamu sendiri di platform tersebut dan tidak ada duplikat.

Lalu pastikan juga akun dari platform bersangkutan terhubung dengan aplikasi Kontak. Saya menemukan kalau terhubung di salah satu perangkat saja tidak masalah (misalnya saya menghubungkan kontak Outlook di iPhone tapi tidak di Mac).

Kalau sudah, cari namamu sendiri (dari platform lain itu) di aplikasi Kontak, dan buat sebagai ‘My Card.’

  • Di iPhone — Tekan lama namamu, dan pilih ‘Make This My Card‘ dari menu yang muncul.
  • Di Mac — Pilih namamu, lalu di Menu Bar, pilih Card > Make This My Card.

Sekarang kamu bisa mencoba mengganti gambar profilmu (bisa foto, bisa memoji, dll). Lalu lihat apakah perubahan itu juga terjadi di aplikasi Kontak perangkat lainnya (karena saya menghubungkan kontak Outlook di iPhone, maka saya mengganti di iPhone, dan Mac otomatis menyesuaikan).

Jika sudah sama, seharusnya gambar profil Apple ID di iPhone dan Mac sudah sama dan tidak beda lagi. Yah, kadang kamu masih harus menyesuaikan ukuran gambar di salah satu perangkat (biasanya di Mac).

Masalah Sepele Tapi Cukup Rumit

Seperti kamu lihat, kelihatannya masalah ini “hanyalah” beda gambar profil saja. Tapi ternyata tidak sesederhana itu. Yang menjadi inti dari permasalahan di atas adalah data yang sesuai antar platform dan antar perangkat.

Jika kamu hanya bersandar pada iCloud saja, masalahnya bisa lebih mudah. Namun kalau kamu melakukan integrasi dengan platform lain, maka penelusurannya lebih panjang.

Jadi, kalau kamu hidup secara multi-platform, pastikan semua data kamu atur dan hubungkan dengan baik satu sama lainnya.

    %d blogger menyukai ini: