Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Jenis dan Cara Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi di iCloud

Indri Penulis

Apakah iCloud milikmu sering mengalami masalah? Yuk kenali berbagai jenis dan cara mengatasi masalah yang sering terjadi di iCloud.

Siapapun yang mempunyai perangkat Apple, kemungkinan besar akan menggunakan iCloud juga (kalau nggak pakai aplikasi penyimpanan eksternal lainnya sih). iCloud sendiri merupakan layanan penyimpanan Apple yang memudahkan sinkronisasi foto, kalender, dokumen, email, dsb, ke semua produk Apple.

popculture.id

Sayangnya, nggak jarang pengguna mengalami masalah saat menggunakan iCloud. Mulai dari tiba-tiba nggak bisa login ke iCloud, kesalahan otentikasi, dll.

Nah kali ini saya akan membahas berbagai jenis dan cara mengatasi masalah yang sering terjadi di iCloud. Semoga panduan ini bisa membantumu yang iCloud-nya sering bermasalah.

Nggak Bisa Terhubung ke iCloud

Saya rasa, ini adalah problem yang sering dirasakan oleh pengguna iCloud. Lalu bagaimana cara mengatasi perangkat tidak bisa tersambung ke iCloud?

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa apakah sistem Apple semuanya online. Untuk memeriksanya, kamu bisa buka situs web Apple System Status. Selanjutnya, pastikan setiap layanan yang berhubungan dengan iCloud bertanda lingkaran hijau di sebelahnya.

Kalau lingkarannya berwarna kuning atau merah berarti Apple mengalami masalah dengan layanan tersebut. Satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah menunggu Apple sampai memperbaiki masalah itu. Tapi kalau iCloud aktif dan berjalan, bisa jadi ada syarat atau ketentuan baru yang perlu kamu setujui.

Update Pengaturan iCloud Tidak Pernah Berhenti

Sering melihat tampilan seperti yang ada di bawah ini di perangkatmu? Tampilan di bawah ini akan terus muncul kalau kamu tidak bisa masuk ke iCloud di iPhone atau iPad. Biasanya sih tampilan ini muncul selama penyiapan perangkat baru.

Untuk sementara waktu, kamu bisa tunggu selama 5 menit. Siapa tahu iCloud butuh waktu lama untuk menyinkronkan data dengan perangkatmu. Tapi kalau sampai lebih dari 5 menit tampilan di atas belum kunjung hilang, kamu bisa coba cara ini:

  • Matikan perangkatmu dan tunggu sekitar 1 menit sebelum mengaktifkannya lagi.
  • Setelah perangkatmu kembali aktif, sekarang buka “Settings.”
  • Cobalah login ke iCloud (berlaku kalau kamu belum login di iCloud).
  • Selanjutnya pakailah aplikasi iCloud seperti biasa.

Kehabisan Penyimpanan iCloud

Apple memfasilitasi penggunanya kapasitas penyimpanan iCloud sebesar 5GB secara gratis. Tapi biasanya penyimpanan segitu nggak bisa bertahan lama. Apalagi kalau penggunanya hobi menyimpan foto, video atau konten-konten lainnya di iCloud.

Ketika kamu mulai kehabisan penyimpanan di iCloud, kamu cuma punya dua pilihan. Kamu bisa mengosongkan sebagian ruang di akun iCloud, atau membeli kapasitas penyimpanan tambahan untuk iCloud.

Kesalahan Otentikasi iCloud

Biasanya masalah ini terjadi gara-gara kamu salah memasukkan nama pengguna kata sandi. Tapi walaupun sudah memasukkan kredensial yang benar, kesalahan otentikasi bisa saja tetap terjadi.

Kalau kamu mengalami kejadian yang serupa dan muncul tampilan seperti di atas saat mencoba login ke iCloud, coba praktikkan langkah berikut:

  • Buka situs web Apple ID.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Appe ID-mu.
  • Kalau kamu masih tidak bisa login, klik “Forgotten your Apple ID or Password?” untuk me-reset informasi login-mu.

Setelah kamu login dengan informasi login yang baru, akan muncul peringatan / notifikasi untuk menyetujui syarat dan ketentuan baru. Setelah menerima notifikasi tersebut, kamu seharusnya sudah bisa login seperti biasa.

Perangkat Tidak Didukung Apple ID

Biasanya Apple ID akan berfungsi dengan semua layanan Apple, seperti App Store dan iTunes. Jadi harusnya nggak ada masalah dengan iCloud.

Tapi kalau kamu melihat pemberitahuan yang mengatakan bahwa perangkatmu tidak didukung Apple ID, maka kamu harus lakukan ini. Kamu bisa uji Apple ID-mu di perangkat lain, atau kamu bisa login ke situs web iCloud dari browser jika diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah yang bermasalah akunmu atau justru perangkatmu.

Kalau Apple ID nggak berfungsi dengan semua layanan Apple, atau kalau tidak ada Apple ID yang berfungsi di perangkatmu, hubungi Apple Support. Kamu mungkin juga perlu membuat akun baru untuk mengatasinya.

    %d blogger menyukai ini: