Game Boy Vs Nintendo – Perbedaan Besar di Remake Link’s Awakening

Nintendo membuat ulang game Link’s Awakening dari Game Boy. Kira-kira seperti apa perbedaan besar pada remake Link’s Awakening?

The Legend of Zelda: Link’s Awakening on Switch, merupakan versi remake dari game besutan Game Boy. Nintendo telah me-remake game Link’s Awakening tahun 1993.

Bagi yang sudah memainkan Awakening on Switch, mereka tidak menemukan banyak perubahan. Gameplay permainan masih sama. Nintendo hanya memperbaiki kualitas grafis dan audio.

Namun hal di atas tidak terjadi bagi orang yang sudah memainkan Link’s Awakening asli puluhan kali. Mereka pasti menemukan perbedaan besar dalam game remake ini.

Sumber Gambar : Forbes

Berbagai Perbedaan di Remake Link’s Awakening

Ada Pembangunan Penjara Bawah Tanah

Perubahan terbesar dari Nintendo adalah kemampuan untuk membuat ruang bawah tanah. Pemain bisa menggunakan potongan-potongan dari ruang bawah tanah yang sebelumnya telah diselesaikan.

Chamber Dungeons dibuat oleh Dampe. Dia adalah penggali kubur yang terkenal di Ocarina of Time. Layaknya ruang bawah tanah lain, Chamber Dungeons bisa dibuat sederhana atau sesuai selera.

Bisa Menandai Maps

Sumber Gambar : Polygon

Link’s Awakening asli memiliki maps overload, dengan beberapa simbol samar untuk penjara bawah tanah dan kota. Peta remake jauh lebih rinci.

Peta ini memungkinkan pemain memperbesar semua jalan, memilih batu dan pohon individu. Selain itu, pemain juga bisa menandai peta dengan berbagai ikon.

Kontrol Game Mengalami Peningkatan

Game Boy hanya memiliki dua tombol pengontrol. Tombol pertama sering digunakan sebagai pedang. Sedangkan tombol kedua digunakan untuk peralatan lain.

Dalam game versi remake, tombol B Switch menjadi pedang, tameng atau dasbor. Sedangkan tombol X dan Y bisa digunakan untuk melompat.

Adanya Fairy Bottles

Sumber Gambar : Polygon

Link’s Awakening versi asli memang tidak memiliki Fairy Bottles. Guci praktis ini telah digunakan dalam banyak game Zelda untuk menyimpan peri, atau menyelamatkan Link dari kematian.

Sayangnya, guci tersebut tidak ada dalam versi asli. Oleh sebab itu, Nintendo menghadirkan Fairy Bottles pada versi remake.

Fairy Bottles berguna untuk menghadapi banyak masalah. Guci pertama bisa ditemukan diawal permainan, lalu sisanya adalah hadiah di Crane Game.

Lebih Banyak Boneka Dalam Crane Game

Sumber Gambar : Polygon

Pada versi asli, Link’s Awakening selalu merujuk kepada franchise Mario. Sedangkan dalam versi remake, pemain bisa menemukan berbagai boneka dari berbagai franchise.

Kalian dapat mendapatkan boneka Yoshi dari Crane Game di Mabe Village. Selain itu ada boneka Mario, Shy Guy, hingga Blooper.